Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Syarat Buka/Buat Tabungan BCA, Gampang Banget

  Syarat-Syarat Membuka/Membuat Tabungan di BCA_Bank merupakan suatu badan usaha yang menampung dana yang diperoleh dari masyarakat untuk kemudian diproses dalam bentuk simpanan. Salah satu bank yang ada di Indonesia yaitu BCA, BCA (Bank Central Asia) merupakan bank swasta yang banyak memiliki nasabah. Untuk memiliki rekening di bank tersebut, harus mempersiapkan syarat buka tabungan BCA, sehingga memperlancar prose pembuatan tabungan di bank.

Persiapkan 5 Syarat Buka Tabungan BCA Sebelum Pergi Ke Bank

Syarat tersebut berfungsi untuk mempermudah pihak bank dalam melakukan pendataan terhadap nasabah yang akan membuka buka tabungan. Data yang digunakan harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, karena itu untuk pembuatan tabungan tidak dapat diwakilkan. Sehingga ketika buku tabungan atau kartu mengalami kendala, akan lebih mudah untuk diproses kembali oleh pihak bank tersebut. Adapun 5 syarat buka tabungan BCA, sebagai berikut :

1. Membawa Identitas Diri

Calon nasabah diharuskan untuk membawa identitas diri masing-masing yang masih berlaku ketika akan melakukan buka buku tabungan baru. 

Identitas diri tersebut untuk memastikan bahwa tabungan memiliki pemilik yang datanya terdaftar secara resmi pada sistem kependudukan. 

Data diri yang digunakan seperti KTP ataupun SIM yang masih berlaku, jika memiliki NPWP dapat disertakan ke dalam syarat tersebut.

2. Yayasan ataupun Perorangan

Pembukaan tabungan milik yayasan maupun perorangan, artinya orang yang bersangkutan langsung dengan sistem pengelolaan yayasan untuk kategori buku tabungan yayasan. 

Serta calon pemilik rekening sendiri yang melakukan segala proses dan syarat buka tabungan BCA untuk kategori perorangan. 

Pembuatan tabungan tidak dapat diwakilkan oleh siapapun, sehingga meminimalkan tindak kejahatan pemalsuan data diri.

3. Membayar Setoran Awal

Syarat selanjutnya untuk membuka tabungan baru yaitu melakukan pembayaran untuk setoran awal pada rekening BCA. 

Nasabah diharuskan untuk membayar setoran awal, guna untuk mengisi tabungan ketika pembuatan baru dan dicetak pada buku tabungan. 

Karena tabungan baru tidak boleh kosong, jika tabungan kosong dalam waktu 3 bulan, maka rekening akan di blokir oleh bank.

Setoran awal pada tabungan minimal berkisar Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 500.000 untuk masing-masing rekening. 

Setelah melakukan pengisian data, nasabah diberikan buku tabungan dan kartu, selanjutnya diarahkan ke teller dan melakukan setoran awal pada tabungan.

4. Mengisi dan Menandatangani Formulir

Calon nasabah dimohon untuk mengisi formulir dengan lengkap sesuai data diri yang dibawa dan digunakan untuk pembuatan tabungan di BCA. 

Data yang diisi pada formulir merupakan data sesungguhnya, artinya data tersebut bukan data milik orang lain apabila membuka tabungan untuk perorangan. 

Formulir yang telah diisi sesuai data diri yang dibawa untuk persyaratan, kemudian ditandatangani oleh calon nasabah.

5. Biaya Administrasi Bulanan

Ketika membuka tabungan di bank, nasabah akan dikenakan biaya administrasi setiap bulannya. 

Biaya administrasi diambil dari jumlah yang disimpan di tabungan, hal tersebut menjadi alasan tabungan tidak diperbolehkan kosong selama 3 bulan. 

Jumlah biaya administrasi yang dipotong dari saldo rekening berbeda, di BCA ada 3 jenis kartu yang akan diperoleh oleh nasabah. Jenis kartu tersebut yaitu silver, gold, dan platinum.

Dari 5 syarat buka tabungan BCA tersebut merupakan syarat umum yang dapat dilakukan untuk pembuatan tabungan baru. Setiap jenis kartu memiliki persyaratan tambahan yang berbeda, terutama untuk jenis gold dan platinum. Jenis kartu BCA berpengaruh dengan jumlah transaksi maksimal setiap hari, limit pada kartu, serta biaya administrasi yang dikenakan setiap bulannya.

Untuk persyaratan lebih jelasnya, bisa mendatangi langsung Bank Central Asia (BCA) terdekat untuk penjelasan rinci dengan membawa 5 syarat utama. Pastikan masa berlaku identitas diri ketika mendaftar serta minimal saldo pada tabungan di cek secara berkala, sehingga meminimalkan risiko kartu diblokir.