Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Syarat Buka Tabungan dan Buat Kartu ATM Bank Mandiri

  Syarat-Syarat Membuka Tabungan dan Buat Kartu ATM di Bank Mandiri_Dunia perbankan kini semakin canggih seiring dengan majunya perkembangan zaman. Kini, seluruh bank di Indonesia kini telah memiliki pelayanan kartu ATM, tak terkecuali Bank Mandiri. Sebelum membuat kartu ATM Mandiri, hendaknya nasabah mengetahui syarat buka tabungan Mandiri untuk memperoleh nomor rekening.

6 Syarat Buka Tabungan Mandiri Untuk Buat Kartu ATM

Kartu ATM berfungsi untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi. Nasabah hanya perlu pergi ke gerai ATM terdekat jika ingin melakukan tarik tunai, transfer, pembayaran, hingga pembelian. Jadi nasabah tidak perlu datang langsung ke kantor cabang dan mengantri. Berikut beberapa persyaratannya yang perlu diketahui:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) wajib menyiapkan KTP sebagai identitas diri, sedangkan bagi Warga Negara Asing (WNA) harus menyiapkan KIMS/KITAS/KITAP. 

Adapun bagi pelajar yang ingin membuka rekening Mandiri, dapat menyerahkan kartu pelajar atau surat persetujuan orang tua sebagai syarat buka tabungan Mandiri.

2. Uang Tunai

Setoran awal tabungan Mandiri beragam, tergantung jenis tabungan yang dipilih calon nasabah. 

Mulai dari Rp. 100.000 untuk Mandiri Tabungan hingga Rp. 1.000.000 untuk Mandiri Tabungan Bisnis. 

Mandiri Tabungan diperuntukkan bagi nasabah yang ingin menyimpan uangnya, sedangkan Mandiri tabungan bisnis dikhususkan untuk pelaku bisnis atau pengusaha.

Uang tersebut akan masuk ke rekening nasabah dan dapat diambil kembali. Namun, setoran awal tersebut tidak bisa diambil atau ditarik sepenuhnya karena nasabah harus menyisakan saldo minimal ATM Mandiri, yaitu sebesar Rp. 20.000.

3. Kartu NPWP

Bagi calon pemilik nomor rekening Mandiri yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), wajib melampirkannya. NPWP wajib bagi seluruh Wajib Pajak sesuai Undang-Undang Perpajakan yang berlaku di Indonesia.

Jika belum memiliki NPWP, maka nasabah wajib mengisi formulir surat pernyataan belum memiliki kartu NPWP. 

Sebaiknya, isi formulir dengan benar dan tulisan yang jelas. Apabila pengisian formulir kurang jelas, pihak bank mungkin akan ragu dan mungkin menolak pembuatan rekening.

4. Nomor HP Aktif

Calon nasabah Mandiri yang hendak membuat rekening Mandiri juga harus menyiapkan nomor HP yang aktif dan bisa dihubungi. Nomor HP ini berfungsi untuk mempermudah nasabah dalam memperoleh layanan dari pihak bank Mandiri.

Selain itu, dengan nomor HP yang dicantumkan, nasabah dapat memperoleh notifikasi SMS perihal layanan pemberitahuan oleh Bank Mandiri terhadap informasi tertentu. Hal tersebut dapat membuat nasabah lebih update terhadap informasi dan perkembangan seputar pelayanan bank Mandiri.

5. Surat Domisili

Bagi pekerja kantoran, pengusaha, maupun pekerjaan lain yang mengharuskannya membuat rekening Bank di luar domisili dari Kartu Tanda Penduduk wajib menyertakan surat domisili dari Kelurahan atau Desa sebagai bukti calon nasabah benar bertempat tinggal di wilayah tersebut. Hal ini berfungsi sebagai agar calon nasabah tidak dicurigai melakukan sesuatu yang ilegal.

6. Meterai

Calon nasabah bank mandiri disarankan membawa materai sendiri untuk syarat pengambilan ATM Bank Mandiri. Jika tidak membawa meterai, calon nasabah bisa membeli materai yang biasanya disediakan petugas dengan mengganti materai seharga nominal berlaku.

Meterai yang dibutuhkan bisa lebih dari 1 lembar sesuai berapa banyak syarat yang ditentukan. Jika sempat, cermati setiap rincian persyaratan dan ketentuan pembukaan rekening yang tertera sebelum melakukan tanda tangan diatas materai.

Itulah penjelasan tentang beberapa syarat buka tabungan Mandiri. Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut, nasabah pun dapat membuat rekening Mandiri dan menikmati berbagai layanan yang disediakan oleh pihak Bank Mandiri. Dengan membuat ATM Mandiri, nasabah juga akan memperoleh kemudahan dalam bertransaksi, mulai dari tarik tunai, transfer, serta transaksi pembayaran dan pembelian.