Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat dan Cara Kredit Tanpa Agunan di BRI

  Syarat-Syarat dan Cara Hutang/Kredit Tanpa Agunan di BRI_PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menyediakan pinjaman tanpa agunan untuk kredit usaha rakyat (KUR). Siapa sangka jika syarat dan caranya cukup mudah dan bisa dilakukan secara online. Program ini nantinya diharapkan agar bisa menyaring dan melayani masyarakat sebanyak mungkin dan tentunya dengan biaya semurah mungkin. BRI menargetkan 57 juta pengusaha mikro mendapatkan bantuan kredit ini. Berikut cara dan syarat kredit tanpa agunan BRI!

Syarat dan Cara Kredit Tanpa Agunan BRI

A. Syarat Pengajuan Kredit BRI tanpa Agunan

KUR BRI tanpa agunan ini menyasar sekitar 57 juta pengusaha ultra mikro yang mengalami kesulitan ataupun minim pendanaan. 

Sebab hanya sekitar 20 persen pengusaha ultra mikro yang memiliki akses pendanaan. 

Jika ingin mendaftar, pengusaha ultra mikro bisa mengajukan secara online di laman resminya. 

Namun, tentunya ada syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh pendaftar.  

Dari laman resmi BRI, diantara syarat kredit tanpa agunan BRI yaitu sebagai berikut:

  • Peserta merupakan individu (Perorangan).
  • Memiliki usaha minimal sudah berjalan setidaknya 6 bulan dan tergolong usaha mikro.
  • Menjalankan usahanya menggunakan e-commerce, seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan lainnya. Atau penyedia ride hailing berupa Gojek atau Grab.
  • Bukan penerima atau tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif (KPR, KKB, Kartu Kredit).
  • Membawa persyaratan administrasi yang berupa kartu identitas (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan surat keterangan usaha yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing.

Pastikan dengan benar jika telah memenuhi segala persyaratan, terpenuhinya persyaratan akan menentukan keberhasilan mendapatkan kredit tanpa agunan BRI.

B. Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan BRI

Setelah terpenuhinya syarat-syarat di atas, maka hal yang harus diperhatikan selanjutnya agar berhasil mendapatkan kredit tanpa agunan BRI ini adalah mengikuti tahapan alur untuk cara mendapatkannya yaitu dengan cara:

1. Kunjungi Laman Resminya

Untuk pendaftarannya sendiri adalah dilakukan secara online yaitu dengan mengunjungi situs resminya. Yaitu, kunjungi laman website kur.bri.co.id  untuk mendaftar dan mengajukan kredit. Buka saja website resminya pada pencarian google atau chrome.

2. Pilih Ajukan

Cara berikutnya adalah dengan mengklik menu "ajukan pinjaman". Setelah berhasil masuk, maka pilih login jika sudah memiliki akun, tetapi jika belum maka harus membuat akun terlebih dahulu dengan memilih menu daftar.

3. Daftar dan Masuk Menggunakan Email yang Valid

Hal ini perlu diperhatikan. Ketika akan mendaftar maka gunakan email yang valid dan masih aktif, tetapi jika sudah memiliki akun maka masuk dan isi email yang telah terdaftar. Untuk yang masih mendaftar, isikan data dengan benar dan cek notifikasi email hingga mendapatkan konfirmasi jika pendaftaran telah berhasil dilakukan. Selanjutnya yaitu verifikasi akun melalui cara yang tertera pada email.

4. Baca Setiap Instruksi dan Setiap Pertanyaan yang Diajukan

Selanjutnya adalah dengan membaca secara seksama setiap instruksi dan pertanyaan yang diajukan. Baca dan pahami setiap pertanyaan, jika masih bingung bisa menghubungi call center.

5. Isi Formulir dengan Benar

Langkah berikutnya adalah dengan mengisi setiap formulir dengan benar. Pertanyaan akan diajukan BRI secara online. Diantaranya yang perlu diisi adalah tentan profil, latar belakang usaha, dokumen dan data pengajuan.

Itulah syarat kredit tanpa agunan BRI. Jika merasa memenuhi syarat maka lebih baik segera mendaftar. Dalam KUR yang berskala mikro, BRI menyediakan batas maksimal pinjaman kredit hingga Rp. 50 juta. Tak hanya itu, suku bunga yang disediakan BRI cukup ringan, yaitu 6 persen Pa.  Selain itu, jangka waktu pinjaman juga cukup fleksibel, yaitu 12, 18, hingga 24 bulan. Fasilitas KUR ini nantinya juga akan bebas biaya administrasi dan provisi.

Jangan lewatkan, baca Syarat Membuat Rekening Tabungan di BRI

Artikel lainnya: