Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Rekening BCA Hilang? Lakukan Cara Ini Agar Mendapat yang Baru !

 Buku Rekening BCA Hilang? Lakukan Cara Ini Agar Mendapat yang Baru !_Buku rekening BCA hilang adalah kasus yang cukup sering dialami oleh nasabah. Wajar saja karena buku ini memang jarang sekali digunakan, apalagi bagi nasabah yang jarang menabung langsung di kantor BCA. Meskipun demikian, hilangnya buku rekening bisa menjadi kerugian bagi nasabah jika tidak segera mengurusnya.

Buku Rekening BCA Hilang? Lakukan Cara Ini Agar Mendapat yang Baru !

Untuk menikmati beberapa jenis layanan BCA, pihak Bank pasti akan menanyakan buku rekening nasabah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan nasabah dalam mengurus buku BCA yang hilang dan agar mendapat gantinya yang baru:

1. Datang ke Kantor BCA

Buku rekening BCA hilang adalah masalah yang cukup krusial, maka untuk mengurusnya nasabah perlu datang langsung ke kantor cabang BCA. Sebaiknya datanglah ke kantor yang sama pada saat mendaftar. Sebab, kantor yang sama pasti menyimpan data lengkap nasabah. Karena kantor Bank pada umumnya hanya buka di hari dan jam kerja, maka luangkanlah waktu dan jangan datang di akhir pekan dan hari libur.

2. Ambil Nomor Antrean

Setelah tiba di Kantor BCA, segera ambil nomor antrean yang ada di Lobby Kantor. Jika tidak menemukannya, tanyakan kepada Satpam di mana tempat pengambilan nomor antrean. Perhatikan dengan baik-baik nomor berapa yang selanjutnya dipanggil. Pada umumnya, tersedia monitor yang menunjukan nomor selanjutnya yang akan dipanggil. Jangan sampai melewatkan panggilan dari customer service. Hal ini akan membuat antrean semakin lama karena nasabah harus mengambil nomor baru lagi.

3. Temui Customer Service

Segera temui customer service ketika nomor antrean telah dipanggil. Pada umumnya customer service akan menanyakan terlebih dahulu keperluan nasabah. Maka, jelaskanlah bahwa tujuan datang ke Kantor BCA adalah untuk mengurus buku rekening yang hilang.

Ceritakanlah kenapa buku rekening tersebut bisa hilang dan mintakan solusinya. Untuk diketahui, mengurus buku rekening hilang tidak serumit mengurus kartu ATM yang hilang. Nasabah akan diminta surat keterangan hilang dari Polsek untuk mengurus kartu ATM. Namun hal ini tidak berlaku saat mengurus buku rekening hilang.

Buku rekening yang hilang akan langsung diganti dengan yang baru di hari itu juga. Customer service akan memberikan formulir yang harus diisi oleh nasabah sebagai dokumen resmi untuk mengajukan buku rekening yang baru.

4. Serahkan Data Diri

Sambil mengisi formulir, customer service akan meminta data diri nasabah seperti KTP, Kartu ATM, dan NPWP. Pastikan data yang diberikan sama dengan data yang juga diberikan pada saat membuka rekening. Adanya perbedaan data akan membuat proses lebih lama karena customer service perlu mengkonfirmasi lagi dan memastikan bahwa nasabah yang datang memang benar-benar memiliki rekening BCA.

Selain data diri, customer service juga akan menanyakan nama lengkap ibu pemilik rekening. Jadi, pastikan juga untuk menyebutkan nama lengkap ibu sama dengan nama yang diberikan pada saat membuka rekening. Jika tidak sesuai, customer service akan meminta KK untuk memastikan nama ibu nasabah yang sebenarnya.

5. Tunggu Proses Selesai

Customer service akan langsung mengurus permohonan nasabah untuk mendapatkan buku rekening baru. Proses ini hanya berlangsung sekitar 5 sampai 10 menit saja. Customer service perlu mencocokan data diri yang diberikan nasabah dengan data yang ada di Bank lalu menginput formulir yang sudah nasabah. Jika proses ini sudah selesai, nasabah akan langsung diberikan buku rekening baru.

Seperti itulah cara mengurus buku rekening BCA hilang agar mendapat yang baru. Meskipun nasabah tetap bisa mendapatkan buku rekening baru, sebaiknya tetap hati-hati dalam menyimpan buku tersebut dan jangan sampai hilang lagi.