Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengaktifkan Rekening Bank Mandiri yang Pasif atau Tidak Aktif

Apa Penyebab Rekening Mandiri Menjadi Pasif?, Bagaimana Cara Mengaktifkan Rekening Bank Mandiri yang Pasif atau Non Aktif?_Rekening yang cukup lama tidak dipakai akan berubah menjadi pasif sehingga nasabah tak bisa lagi menarik uang. Bagi nasabah yang mengalami hal ini penting untuk mengetahui cara mengaktifkan rekening Mandiri. Maka, tabungan dapat digunakan lagi secara normal untuk menarik uang. Berubahnya status rekening jadi pasif tak hanya menyulitkan nasabah dalam menarik uang, tetapi juga tak bisa menerima transferan dari rekening lain.

Penyebab dan Cara Mengaktifkan Rekening Bank Mandiri yang Pasif atau Tidak Aktif

Hal yang Menyebabkan Rekening Mandiri Jadi Pasif

Nasabah yang rekeningnya diubah menjadi pasif oleh pihak Mandiri pasti sempat bertanya-tanya mengapa hal seperti ini tidak terjadi. Padahal, tabungan yang dimiliki tidak pernah digunakan untuk hal-hal mencurigakan yang melanggar ketentuan dari pihak Bank. Namun, secara tiba-tiba status diubah menjadi pasif oleh Bank. Setidaknya ada 2 hal yang bisa menyebabkan status berubah menjadi pasif, yaitu:

1. Tidak Ada Transaksi dalam Waktu 6 Bulan

Di awal pembahasan telah disinggung bahwa salah satu penyebab status pasif pada rekening yaitu tidak adanya transaksi dalam waktu 6 bulan. Pemotongan pajak dan biaya Bank yang dipotong secara otomatis setiap bulan tidak dianggap sebagai aktivitas transaksi. Transaksi yang dimaksud adalah membayar tagihan. Jadi, pastikan untuk tetap menggunakan tabungan Mandiri untuk bertransaksi jika statusnya tak ingin berubah jadi pasif.

2. Tidak Melakukan Transfer dalam Waktu 6 Bulan

Meskipun saldo di rekening masih cukup banyak, tetapi statusnya akan berubah menjadi pasif jika tidak melakukan transfer dalam waktu 6 bulan. Selain melakukan transaksi, nasabah juga diharapkan menggunakan rekening Mandiri untuk berkirim uang. Oleh karena itu, jangan sampai rekening tidak digunakan untuk transfer selama 6 bulan karena statusnya bisa berubah menjadi pasif.

Cara Mengaktifkan Rekening Mandiri yang Pasif

Rekening pasif yang dinonaktifkan oleh pihak Bank pada umumnya tidak terdapat setoran, penarikan, dan transaksi selama berbulan-bulan. Nasabah mengalami hal ini tentunya akan kesulitan dalam menggunakan tabungannya, apalagi dalam keadaan mendesak. Maka dari itu, mengubah status tabungan menjadi aktif kembali adalah solusi terbaik. Nasabah bisa melakukan beberapa cara berikut supaya dapat tarik tunai menggunakan tabungannya lagi:

1. Datang ke Kantor Cabang

Nasabah bisa langsung mengunjungi kantor cabang untuk mengurus status rekening. Nasabah bisa langsung menemui customer service supaya rekening bisa digunakan lagi. Pastikan untuk datang di hari dan jam kerja karena kantor Mandiri pada umumnya tidak beroperasi di akhir pekan dan hari libur. Jangan lupa membawa kartu identitas karena CS dipastikan akan memintanya sebagai bukti bahwa rekening tersebut adalah milik nasabah itu sendiri.

Cara ini sangat efektif dan menjadi andalan banyak nasabah karena mengaktifkan rekening langsung dilakukan oleh customer service. Hanya saja, cara ini memerlukan waktu yang tidak sebentar, apalagi jika antrean customer service cukup panjang.

2. Lakukan Transfer

Cara mengaktifkan rekening Mandiri berikutnya yaitu nasabah bisa mengirimkan uang atau transfer ke rekening milik orang lain. Transfer ini bisa dilakukan ke sesama atau Bank lainnya. Nasabah tidak perlu transfer melalui ATM jika memiliki akses e-banking dan SMS banking. Cara ini tentunya akan menjadi pilihan terbaik bagi yang tak sempat meluangkan waktu untuk menemui CS Mandiri.

3. Pembayaran Multi Payment

Selain untuk menabung dan tarik tunai, rekening juga bisa dimanfaatkan untuk membayar tagihan seperti biaya listrik bulanan, pulsa, hingga tagihan belanja. Nah, rekening pasif yang dipakai untuk membayar akan aktif kembali secara otomatis. Jadi, bagi nasabah yang rekeningnya berisi tabungan dengan jumlah yang masih banyak bisa melakukan cara ini.

Demikian informasi mengenai penyebab dan cara mengaktifkan rekening Mandiri yang pasif. Mengubah status tabungan menjadi aktif kembali adalah solusi terbaik supaya uang dalam tabungan bisa digunakan kembali secara normal.