Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Rekening BRI Tanpa NPWP untuk Anak

 Cara Buka Rekening BRI Tanpa NPWP untuk Anak_Memiliki tabungan BRI kini semakin mudah. Buka rekening BRI tanpa NPWP sangat mungkin dilakukan bagi calon nasabah yang merupakan anak-anak. Tipe nasabah seperti ini sudah pasti belum memiliki NPWP, maka sebagai gantinya pihak Bank akan meminta surat persetujuan dari orang tua. Untuk lebih jelasnya, ketahuilah cara membuka rekening bagi yang belum memiliki NPWP seperti berikut ini:

Cara Buka Rekening BRI Tanpa NPWP untuk Anak

1. Kunjungi Kantor BRI Terdekat

Pada dasarnya cara buka rekening rekening BRI tanpa NPWP sama seperti membuka rekening pada umumnya. Yaitu nasabah harus datang ke kantor cabang terlebih dahulu karena membuka rekening jenis ini hanya bisa dilakukan secara offline. Carilah kantor cabang terdekat supaya ketika nanti ada ada urusan yang perlu diselesaikan dengan pihak Bank, nasabah bisa langsung mengunjungi kantor cabang tersebut.

2. Ambil Nomor Antrean

Sebelum membuka rekening, calon nasabah tentunya harus mengantre terlebih dahulu dengan mengambil nomor antrean. Segera ambil nomor antrean yang ada di Lobby Kantor. Jika tidak menemukannya, tanyakan kepada Satpam di mana tempat pengambilan nomor antrean. Jangan sampai melewatkan panggilan dari customer service.

Hal ini akan membuat antrean semakin lama karena nasabah harus mengambil nomor baru lagi. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik-baik nomor berapa yang selanjutnya dipanggil. Pada umumnya, tersedia monitor yang menunjukan nomor selanjutnya yang akan dipanggil.

3. Buka Rekening di Customer Service

Sama halnya seperti membuka rekening pada umumnya, proses membuka rekening BRI tanpa NPWP juga akan dilakukan di customer service. Namun nasabah harus melengkapi persyaratan yang diminta pada saat pendaftaran yaitu dengan membawa identitas pribadi seperti KTP atau kartu anak bagi yang berusia di bawah 17 tahun.

Selain itu, pihak customer service juga akan meminta KK. Masih di customer service, calon nasabah juga akan diberikan formulir yang tentunya harus diisi dan dilengkapi sebelum membuka rekening.

Formulir tersebut secara umum berisikan sejumlah kolom yang harus diisi sesuai dengan data pribadi atau identitas milik nasabah. Maka nasabah harus mengisi formulir sesuai dengan data pribadi yang diberikan kepada customer misalnya nama dan tanggal lahir yang sesuai dengan kartu identitas serta nama ibu kandung sesuai yang ada di KK.

4. Lengkapi Surat Persetujuan Orang Tua

Khusus rekening anak, pihak Bank memberlakukan syarat tambahan, yaitu calon nasabah harus melengkapi surat persetujuan orang tua jika ingin memiliki tabungan BRI. Oleh karena itu, sebaiknya datanglah ke kantor cabang bersama orang tua. Jika tidak, nasabah harus membawa pulang surat tersebut untuk meminta tanda tangan orang tua.

5. Pilih Rekening Anak

Customer service akan memberikan beberapa pilihan jenis layanan dan rekening dari Bank BRI. Pilihlah jenis rekening untuk anak. Ada 2 jenis rekening yang bisa dipilih yaitu Junio dan Simpel. Hal yang membedakan dari kedua rekening ini yaitu minimal setoran awal serta limit penarikan uang. Rekening Junio sama seperti rekening gold karena lebih unggul, hanya saja rekening ini diperuntukan kepada anak.

6. Menabung Setoran Pertama

Setelah melengkapi persyaratan dalam membuka rekening BRI anak, customer service akan memberikan kartu ATM dan buku tabungan kepada nasabah. Selanjutnya nasabah akan diminta untuk menabung sebagai setoran awal.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jumlah minimal setoran berbeda tergantung jenis rekening yang dipilih. Setoran awal rekening Junio yaitu Rp100 ribu sedangkan rekening Simpel hanya Rp5 ribu saja.

Seperti itulah cara buka rekening BRI tanpa NPWP bagi anak yang ingin mulai menabung. Memang sebaiknya menabung dimulai sejak usia dini agar anak terbiasa menyisihkan uang untuk keperluan di masa depan.