Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cetak Rekening Koran BCA Mobile dan Fungsinya

 Rekening koran adalah catatan aktivitas transaksi yang biasanya dibutuhkan di saat-saat tertentu. Misalnya saat ingin mengajukan pinjaman, izin pengurusan visa, dan lain sebagainya. Kali ini akan dibahas seperti apa cara cetak rekening koran BCA Mobile, pencetakan lewat bank, serta fungsi dari dokumen ini.

Cara Cetak Rekening Koran BCA Mobile dan Fungsinya

Pilihan Cara Pencetakan

Ada dua cara yang sebenarnya dapat dilakukan jika butuh dokumen cetak rekening koran. Cara pertama adalah dengan mengajukan langsung ke pihak bank. Sementara itu cara yang kedua adalah dengan mencetak sendiri secara online. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tata cara pencetakan rekening koran:

1. Cetak Lewat Bank

Untuk mendapatkan dokumen rekening koran, nasabah bisa langsung mengajukan permohonan ke pihak bank. Caranya  mudah, langsung saja datang ke kantor bank BCA terdekat lalu ambil antrian untuk bertemu customer service. Berikut adalah beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mencetak rekening koran di bank:

  • Buku tabungan BCA
  • KTP atau SIM
  • Kartu debit (digunakan sebagai bukti kepemilikan akun rekening)
  • Biaya cetak rekening koran sebesar Rp2.500,00 per lembar

Siapkan persyaratan ini sebelum datang ke bank dan langsung saja katakan kepada customer service. Biasanya akan ditanyai juga apa tujuan pencetakan rekening koran tersebut. Proses pencetakan rekening koran tidak akan berjalan lama sehingga tak akan menghabiskan banyak waktu.

2. Cetak Rekening Koran secara Online

Pencetakan rekening koran juga dapat dilakukan secara online. Nasabah bisa melakukan pengunduhan dokumen rekening koran lewat fitur internet atau mobile banking. Cara ini tentu dianggap sangat praktis dan memudahkan nasabah yang tak punya waktu untuk pergi ke kantor bank. Berikut adalah petunjuk cara cetak rekening koran BCA Mobile:

  • Langsung kunjungi website klikbca.com
  • Pilih tulisan menu e-Statement
  • Pilih rekening
  • Langsung masukkan periode laporan transaksi yang ingin dicetak dalam rekening koran
  • Pilih unduh
  • Laporan rekening koran dalam bentuk pdf akan siap diunduh dan dicetak

Fungsi Rekening Koran

Memangnya kenapa rekening koran ini dibutuhkan? Tentu dokumen transaksi ini memiliki beberapa fungsi sehingga perlu dicetakkan. Berikut adalah beberapa fungsi dari rekening koran:

1. Syarat Pengajuan Visa

Bagi nasabah yang akan berkunjung ke luar negeri dan membutuhkan visa, maka pengurusan visa akan membutuhkan dokumen rekening koran. Dokumen ini dibutuhkan sebagai bukti kesanggupan secara finansial. Lewat rekening koran bisa diketahui bagaimana kondisi finansial seseorang berdasarkan catatan transaksi yang dilakukan.

2. Bukti Hukum

Rekening koran juga dapat menjadi bukti hukum yang sah. Biasanya ini dibutuhkan jika suatu saat terjadi konflik yang berhubungan dengan transaksi keuangan. Misalnya antara penjual dan pembeli terjadi kesalahpahaman selama bertransaksi maka bisa ditunjukkan rekening koran sebagai bukti.

3. Syarat Pengajuan Pinjaman

Bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman, biasanya salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah rekening koran. Dokumen ini akan menjadi bukti kesanggupan finansial nasabah. Dengan begitu pihak debitur dapat menyetujui pengajuan pinjaman dengan mudah apabila terbukti ada catatan finansial yang mapan dari kreditur.

4. Dokumen Audit Keuangan

Rekening koran akan menunjukkan data riwayat transaksi secara lengkap. Dokumen ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan sebagai salah satu kelengkapan dalam audit keuangan. Dengan begitu dapat dilakukan pemantauan dan evaluasi finansial yang baik pada suatu perusahaan.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara cetak rekening koran BCA Mobile serta apa saja kegunaan dari rekening koran itu sendiri. Catatan transaksi ini juga bisa dijadikan sebagai dokumen pribadi untuk memantau kondisi keuangan. Pengaturan finansial dapat dilakukan lebih teliti dengan adanya dokumen ini.