Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Membuat Rekening BNI Prakerja dengan Benar

 Cara Membuat Rekening BNI Prakerja_Untuk meningkatkan kompetensi masyarakat, pemerintah memberikan dana supaya beserta bisa mengikuti pelatihan Prakerja secara online di beberapa platform tertentu. Nah pemberian dana untuk pelatihan ini dikirimkan salah satunya melalui rekening BNI. Oleh karena itu peserta wajib mengetahui cara membuat rekening BNI Prakerja supaya dana yang dikirimkan oleh pemerintah bisa digunakan untuk membayar biaya pelatihan.

Apa Itu Prakerja?

Prakerja adalah program pemerintah untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dengan usia produktif yang sedang mencari kerja. Upaya peningkatan kompetensi ini diwujudkan dengan digelarnya pelatihan di beberapa platform yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Dalam hal ini, peserta diberi kebebasan untuk memilih pelatihan apa saja yang bisa meningkatkan kompetensi dan wawasan yang berguna di dunia kerja.

Sama seperti pelatihan kompetensi pada umumnya, pelatihan pada Prakerja juga terdiri dari beberapa sesi dan peserta wajib menyelesaikan seluruh sesi pelatihan.  Namun untuk mengikuti pelatihan ini peserta harus membayar terlebih dahulu sama halnya seperti dengan membayar biaya kursus.

Nah, bagi peserta yang lolos seleksi Prakerja akan diberikan dana dari pemerintah agar bisa mengikuti pelatihan Prakerja. Adapun, dana ini disalurkan langsung melalui rekening BNI Prakerja. Peserta juga bisa langsung menggunakannya untuk mendaftar pelatihan online.

Cara Membuat Rekening BNI Prakerja

Bagi peserta yang belum memiliki rekening BNI Prakerja, tentunya harus segera membuka rekening agar bisa menggunakan dana dari pemerintah untuk latihan. Lalu bagaimana caranya? Simak langkah-langkah di bawah ini:

Begini Cara Membuat Rekening BNI Prakerja dengan Benar

1. Buka Situs Web Resmi BNI

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuka situs web resmi BNI. Pada halaman utama situs web BNI, pilih menu Prakerja. Dalam pilihan menu ini tersedia formulir digital yang perlu diisi secara lengkap oleh peserta Prakerja.

2. Isi Formulir

Cara membuat rekening BNI Prakerja berikutnya yaitu isi formulir dengan lengkap sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Adapun data yang harus diisi oleh peserta dalam formulir ini ini yaitu data diri nomor email serta nomor HP. Isilah data diri dengan benar dan lengkap sesuai dengan data yang ada di KTP.

3. Pilih Jadwal Buka Rekening di Kantor Cabang

Selanjutnya peserta harus memilih jadwal untuk membuka rekening di kantor cabang BNI. Selain itu peserta juga wajib memilih kantor cabang terdekat yang akan didatangi untuk membuka rekening. Sebaiknya Pilihlah jadwal serta kantor cabang yang mudah untuk didatangi dan memiliki akses terdekat dari tempat tinggal.

4. Tunggu Hingga Mendapat SMS Verifikasi

Peserta yang telah berhasil mengirimkan formulir dengan data diri yang lengkap serta memilih jadwal untuk memproses rekening, akan mendapat SMS verifikasi dari BNI. Pada umumnya SMS ini akan diterima peserta beberapa menit setelah memilih jadwal buka rekening di kantor cabang. Adapun SMS verifikasi berisikan kode yang harus dimasukkan pada formulir digital di situs web BNI.

5. Print Formulir Digital

Setelah kode verifikasi dimasukkan dan proses pendaftaran di situs web telah berhasil maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencetak formulir digital yang telah diisi. Formulir ini wajib dibawa saat datang ke kantor cabang untuk memproses aktivasi rekening Prakerja. Pastikan formulir yang telah dicetak Ini dibawa dan usahakan untuk datang ke kantor cabang Sesuai dengan jadwal yang dipilih.

Demikian penjelasan mengenai apa itu Prakerja dan bagaimana cara membuat rekening BNI Prakerja. Setelah tuntas mengikuti pelatihan, peserta akan diberikan sertifikat yang menunjukan bahwa peserta tersebut telah melakukan pelatihan Prakerja. Sertifikat ini bisa digunakan untuk melamar pekerjaan dan tentunya menambah nilai jual dari peserta itu sendiri di dunia kerja.