Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Coba Sekarang Juga! Cara Menggunakan SMS Banking BRI Paling Mudah

 Sekarang kemudahan bertransaksi sudah dapat dilakukan dengan cara menggunakan SMS Banking BRI. Hal ini tentunya merupakan sebuah pengembangan fitur inovasi oleh bank BRI dalam bidang teknologi. Layanan ini sebenarnya telah ada sejak tahun 2012, namun masih banyak dari para nasabahnya yang belum tahu dan mengerti cara menggunakannya.

Cara Menggunakan SMS Banking BRI Paling Mudah

Kehidupan masyarakat urban saat ini dituntut untuk dapat selalu bekerja secara cepat dan juga efisien. Oleh sebab itu saat ini hampir seluruh bank besar di Indonesia, sudah mempunyai layanan tersebut. Terlebih lagi layanan tersebut dapat dilakukan secara mobile tanpa harus repot untuk mengunjungi gerai BRI, berikut ulasannya:

Apa yang Dimaksud SMS Banking?

Zaman terus berubah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, mengakibatkan bidang perbankan juga berinovasi. Layanan berbentuk pesan singkat yang dapat dilakukan lewat telepon seluler dikenal sebagai SMS Banking. Nasabah saat ini hanya perlu memantau transaksi ataupun sekedar untuk cek saldo tanpa harus pergi ke ATM.

Dalam memberikan kemudahan layanannya, BRI menghadirkan pilihan SMS Banking lewat menu  pesan teks. Layanan tersebut dapat pengguna pakai layaknya bertukar pesan, hanya dengan telepon seluler segala layanan transaksi sudah dapat dilakukan. Terakhir kirimkan permintaan layanan tersebut ke nomor 3300.

Agar dapat memanfaatkan layanan dari SMS Banking, terlebih dahulu disarankan untuk melakukan registrasi. Metode pendaftaran dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui ATM ataupun manual dengan mengunjungi kantor cabang. Demi menghemat waktu menjadi lebih efektif, akan lebih praktis jika melakukan pendaftaran lewat ATM tentunya.

Penggunaan SMS Banking

Beberapa cara menggunakan SMS Banking BRI sebenarnya sangat simpel dan tak banyak membuang waktu, namun masih banyak nasabah yang awam terhadap sistem tersebut. Tahap selanjutnya jika telah berhasil mendaftar yaitu, mengoperasikannya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Berikut ini ulasan cara pemakaiannya, yaitu:

1. Mengirimkan Saldo kepada Sesama Nasabah BRI

Cara mudah mengirim uang kepada sesama nasabah BRI sudah dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Nasabah hanya perlu membuka layanan pesan teks melalui format, Transfer (spasi) BRI(nomor rekening tujuan) (spasi)  Nominal (spasi)  PIN dan kirimkan. Nasabah selanjutnya akan mendapatkan notifikasi bukti berhasilnya pengiriman saldo tersebut.

2. Mengirimkan Saldo ke Rekening Non BRI

Hampir sama dengan melakukan transfer antar sesama, format dari pengirimannya pun tak jauh berbeda. Nasabah hanya perlu menambahkan kode seperti, TRANSFER (spasi) KODE Bank Penerima ditambah nomor rekening (spasi) NOMINAL (spasi) PIN. Nasabah dapat melihat kode bank dengan melihat kode informasi terlebih dahulu.

3. Memeriksa Saldo

Cek saldo yang biasanya hanya dapat dilakukan pada mesin ATM, saat ini juga dapat nasabah akses melalui SMS Banking. Bermodalkan ponsel, kini informasi seputar berapa banyak saldo yang terdapat dalam rekening sudah dapat diketahui. Cara melakukannya yaitu dengan format, ketikkan SALDO (spasi) PIN, maka akan muncul berapa jumlah saldo yang dimiliki.

4. Membayar Tagihan

Antrian yang panjang dalam sebuah kantor pelayanan sangat sering terjadi, apalagi di jam-jam kantor. Hal ini tentu melelahkan, kemudahan dalam membayar tagihan juga dapat dirasakan kini menggunakan fitur yang dapat diakses melalui pesan singkat.  Salah satu contohnya yaitu pembelian token PLN dengan cara, BELI (spasi) PLNPRE (spasi) IDPLN (spasi) NOMINAL (spasi) PIN.

5. Melakukan Pengisian Pulsa

Saldo pulsa habis di tengah malam? Sekarang pengguna sudah dapat melakukan transaksi pengisian pulsa dengan memanfaatkan fitur dari SMS Banking. Hal yang dilakukan yaitu hanya perlu untuk mengirimkan pesan melalui format, PULSA (spasi) HP (spasi) NOMINAL (spasi) PIN, dengan begitu saldo pulsa akan langsung otomatis terisi.

Nah, begitulah cara menggunakan SMS Banking BRI yang dapat para nasabah ketahui. Manfaatkan segala fitur kemudahan yang sudah tersedia saat ini. Perlu diingat juga meskipun terlihat mudah dan cepat untuk digunakan, pastikan ponsel dalam jangkauan yang aman. Hal yang tidak diinginkan dapat terjadi, apabila kerahasian PIN di dalamnya diketahui orang lain.