Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Mutasi Rekening BCA 1 Tahun atau Beberapa Tahun Lalu

 Mutasi rekening adalah jejak transaksi yang dilakukan oleh rekening pribadi yang dimiliki. Bagi yang memiliki rekening BCA juga bisa melihat mutasi. Cara melihat mutasi rekening BCA 1 tahun memiliki langkah tersendiri yang harus diikuti. Langkah ini tidak bisa dilakukan menggunakan SMS banking, via Line, atau hanya membuka menu m-Info.

Cara Melihat Mutasi Rekening BCA 1 Tahun atau Beberapa Tahun Lalu

Cara yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh data mutasi di menu e-Statement dengan format tertentu. Penggunaan cara ini bisa dilakukan jika ingin melihat data selama tiga bulan sampai beberapa tahun. Sedangkan cara lain hanya bisa melihat data selama dua bulan. Berikut cara melihat mutasi selama 1 tahun:

1. Unduh Aplikasi BCA Mobile dan Tunggu Proses Pemasangannya

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengunduhan aplikasi resmi dari Bank BCA yang bernama BCA Mobile. Aplikasi ini ditujukan untuk nasabah BCA agar segala transaksi yang diinginkan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Penggunaan aplikasi ini juga bisa membantu nasabah tanpa harus pergi ke bank.

Ukuran aplikasi ini sangat minim, jadi proses pengunduhannya akan cepat asal memiliki sambungan internet memadai. Tunggu proses pengunduhan sampai selesai. Jika sudah, biasanya aplikasi tersebut akan terpasang secara otomatis pada perangkat pribadi yang digunakan untuk mengunduh tadi.

2. Buka Aplikasinya dan Cari Menu E-Statement

Bagi yang pertama kali menggunakan aplikasi BCA Mobile, ada langkah pendaftaran yang harus dilakukan terlebih dahulu. Langkah ini meliputi pembuatan PIN dan aktivasi. Namun langkah yang diperlukan tidak rumit sehingga akan mudah untuk dipraktekkan. Pastikan untuk melakukan aktivasi agar bisa masuk di halaman utama aplikasi.

Saat sudah masuk, pengguna akan disuguhkan dengan jajaran menu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Karena tujuan utama adalah untuk melihat data mutasi, maka menu yang bisa dipilih adalah "e-Statement". Menu ini berisi data mutasi dan jejak yang dilakukan pada rekening BCA yang dimiliki.

3. Pilih Jenis Rekening yang Digunakan

Cara melihat mutasi rekening BCA 1 tahun atau beberapa tahun ke belakang bisa dilanjutkan dengan memilih jenis rekening. Biasanya akan ada dua jenis rekening yang bisa dipilih, ada rekening Tabungan Berjangka lalu ada rekening Tabungan dan Giro. Rekening yang umum digunakan adalah Tabungan dan Giro.

Agar bisa lanjut ke langkah selanjutnya, pencet saja menu "Tabungan dan Giro" yang ada di barisan menu tersebut. Tapi hal ini juga tergantung rekening apa yang digunakan. Jika rekening yang dimiliki adalah rekening Tabungan Berjangka, maka klik saja pada menu tersebut. Jadi harus disesuaikan dengan yang digunakan.

4. Isi Data Waktu yang Dibutuhkan

Setelah memilih jenis rekeningnya, maka akan dialihkan ke menu untuk mengisi data waktu. Pengisian ini bertujuan untuk menandai seberapa banyak data mutasi yang ingin dilihat. Jika ingin melihat data selama satu tahun, maka isi tanggal hari ini dan satu tahun lalu. Dengan demikian, maka data yang dibutuhkan akan disiapkan.

5. Pencet Tombol Unduh untuk Menyelesaikan

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah memencet tombol "Unduh" yang sudah tersedia. Langkah ini bisa dilakukan jika data waktu yang dibutuhkan sudah diisi dengan benar. Tunggu prosesnya dalam waktu singkat sampai data berhasil diunduh. Jika sudah, data mutasi yang diinginkan bisa dilihat dalam format PDF.

Itulah cara melihat mutasi rekening BCA 1 tahun yang bisa dipraktekkan dengan mudah. Kelebihan menggunakan cara ini adalah kemudahan dan kecepatannya. Menu yang ada dalam aplikasinya juga tidak rumit sehingga bisa memudahkan pengguna dalam mendapatkan data mutasi. Ikuti langkah di atas dengan benar agar tidak menemukan kendala berarti.