Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Cek Nama Pemilik Rekening BCA Online

 Memiliki fasilitas internet atau mobile banking, semakin memudahkan nasabah untuk percepatan transaksi bisnis. Namun, untuk menerapkan prinsip kehati-hatian, nasabah sebaiknya melakukan pengecekan nama pemilik rekening sebelum melakukan transfer. Hal itu juga bisa dilakukan secara online, misalnya pada m-banking BCA, dengan cek nama pemilik rekening BCA online melalui tahapan di aplikasinya.

Cara Mudah Cek Nama Pemilik Rekening BCA Online

Cara Cek Nama Rekening Sebelum Transfer

Sebelum melakukan pengiriman uang, pastikan nama pengirim sudah sesuai dengan yang dikehendaki. Jika belum, hal tersebut seharusnya menimbulkan kecurigaan, karena bisa saja penerima bukanlah orang yang dimaksud.

1. Masuk ke Aplikasi

Jika ingin cek nama pemilik rekening BCA online, langkah pertama adalah dengan masuk ke aplikasi mobile banking atau internet banking BCA. Aplikasi ini dapat diakses menggunakan gadget seperti smartphone atau laptop dan PC, sepanjang memasukkan PIN nasabah dengan benar. Pastikan tidak melakukan sharing PIN kepada siapapun, untuk menjaga keamanan dana yang disimpan.

2. Masuk ke Menu m-BCA

Setelah mengakses aplikasi BCA online atau m-BCA, pemilik akun dapat menyentuh menu m-BCA pada halaman awal. Pada tahapan ini, pemilik akun akan diminta untuk memasukkan PIN agar dapat mengakses menu-menu berikutnnya.

3. Masuk ke Menu Transfer

Melakukan pengecekan pemilik rekening biasanya dilakukan jika ingin mentransfer sejumlah dana. Hal tersebut untuk memastikan uang yang ditransfer diterima oleh orang yang tepat, sehingga tidak timbul kerugian. Pada menu ini, nasabah masih harus mengakses menu transfer antar rekening. Dengan demikian, proses transfer akan dapat segera dilakukan.

4. Masukkan Nomor Rekening

Setelah memilih menu transfer, pemilik akun bisa memasukkan nomor rekening yang akan dituju. Pastikan memasukkan angka-angka dengan benar, agar tidak terjadi kesalahan pengiriman. Nama pemilik rekening BCA akan muncul beberapa saat setelah nomor rekening selesai diketik. Transaksi dapat dilanjutkan jika nama pemilik rekening sudah sesuai dengan penerima yang diinginkan.

Tujuan Mengecek Nama Pemilik Rekening

Jika diamati, aktivitas transfer sudah menjadi sebuah otomasi yang cenderung membuat orang lengah. Celah itulah yang banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga memanfaatkan kelengahan para pengirim uang. Oleh karena itu, sangat penting melakukan pengecekan nama pemilik rekening sebelum bertransaksi.

1. Menghindari Penipuan

Banyak kejahatan perbankan dilakukan dengan menipu nasabah, yang diminta untuk mentransfer sejumlah dana.  Hal ini bermula dari tindak pidana pembajakan nomor telepon atau Whatsapp, yang kemudian memanfaatkan semua nomor kontak di dalamnya untuk diminta transfer uang.

Melakukan pengecekan nama pemilik rekening sebelum menyetujui transaksi transfer, akan melindungi seseorang dari jenis penipuan ini. Pastikan nama penerima sudah sesuai dan diketahui. Jika tidak, maka pihak pengirim wajib berhati-hati.

2. Menjadi Bukti Transaksi

Selain menggunakan slip setoran di teller, nama pemilik rekening juga muncul di transaksi menggunakan ATM. Nama dan nomor rekening yang benar bisa digunakan sebagai bukti transaksi, untuk ditunjukkan kepada pihak penerima. Dengan demikian, secarik kertas kecil tersebut juga merupakan legalitas transfer uang yang sah meskipun tidak menggunakan slip di teller.

Pengirim uang sebaiknya segera meng-capture bukti transfer tersebut. Hal tersebut dilakukan karena kualitas tinta pada kertas struk ATM sangat mudah terhapus. Jika memiliki back up berupa foto, maka dapat digunakan sebagai lampiran bukti transaksi yang lebih jelas.

3. Pelaporan Tindak Pidana

Melakukan pengecekan nama pemilik rekening juga menjadi landasan yang lebih kuat, jika ingin melaporkan aktivitas yang diindikasi sebagai tindak pidana. Saat ini, melalui kementerian komunikasi dan informatika, para pengguna nomor rekening tertentu yang melakukan penipuan dalam modus transfer dana sudah dapat dilaporkan secara resmi.

Berhati-hati sebelum melakukan transfer, khususnya ketika menggunakan aplikasi milik BCA, dapat dilakukan dengan cek nama pemilik rekening BCA online. Pengecekan ini dilakukan agar pengirim dana dapat memastikan siapa penerima uang transfer. Selain itu, hal ini juga akan meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan akibat kesalahan transfer.