Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Tentang Rekening TabunganKu BRI Lengkap

 Kebiasaan menabung harus selalu dilakukan seiring dengan meningkatnya kebutuhan. Tidak perlu lagi menabung sendiri di rumah, bank hadir untuk memberi pelayanan menabung yang aman. Salah satu bank yang menawarkan layanan menabung adalah Bank BRI dengan rekening TabunganKu BRI sebagai produk unggulannya.

Informasi Tentang Rekening TabunganKu BRI Lengkap

Layanan ini bisa digunakan masyarakat dengan beberapa ketentuan yang berlaku. Selain itu, ada kelebihan dan kekurangan yang timbul dari penggunaan tabungan jenis ini. Semua yang berhubungan dengan hal tersebut akan dibahas di pembahasan kali ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

Seluk-beluk Mengenai Rekening TabunganKu

Rekening TabunganKu adalah salah satu rekening yang memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi. Hal ini bukan tanpa alasan. Ada banyak kemudahan yang bisa didapat dari penggunaan rekening ini. Salah satu yang paling menonjol adalah biaya yang sangat minim. Hampir semua proses tidak memerlukan biaya alias gratis.

Biaya hanya dikenakan jika rekening yang dimiliki tidak digunakan selama enam bulan dan saat rekening ditutup. Setoran yang bisa dilakukan di rekening ini juga sangat minim. Hanya dengan Rp10.000 nasabah sudah bisa menabung di bank. Segala kemudahan ini bisa didapat hanya dengan membuka rekening di kantor BRI terdekat.

Selain berbagai kelebihan yang telah disebutkan di atas, ada beberapa kekurangan dalam penggunaan tabungan jenis ini. Kekurangan yang pertama adalah tidak akan mendapat kartu ATM. Sedangkan kekurangan yang kedua adalah nasabah tidak memiliki akses untuk menggunakan fitur m-banking, i-banking, atau sejenisnya.

Meskipun memiliki kekurangan tersebut, kelebihannya jauh lebih banyak dan terbukti kemudahannya. Kekurangan tersebut tidak akan menjadi penghambat selama proses menabung. Asal rajin pergi ke bank untuk melakukan transaksi dan menabung maka semua proses dapat dilakukan.

Prosedur Pembukaan Rekening TabunganKu dan Syarat yang Dibutuhkan

Proses yang dibutuhkan untuk membuka rekening baru bukanlah hal yang sulit. Langkah awal tentu saja datang ke kantor BRI terdekat dari kediaman. Jangan lupa untuk membawa segala berkas yang dibutuhkan agar proses bisa segera dilakukan oleh pihak bank. Berikut persyaratan dan berkas yang harus dipenuhi dan dibawa calon nasabah:

  • Calon nasabah harus masyarakat berkewarganegaraan Indonesia yang dibuktikan dengan keterangan dalam KTP.
  • Jika sudah menjadi nasabah, rekening TabunganKu BRI tidak bisa diserahkan pada orang lain karena bertentangan dengan aturan yang berlaku.
  • Saat ke kantor BRI, diharuskan membawa uang sebesar Rp20.000 sebagai setoran awal saat rekening sudah selesai dibuat. Sedangkan untuk selanjutnya hanya sebesar Rp10.000.
  • Jangan lupa untuk membawa salinan data diri sebagai pelengkap seperti KTP, Paspor, atau data lain yang sejenis.
  • Sertakan juga surat domisili jika alamat yang ditinggali tidak sesuai dengan data dalam KTP.
  • Bawa juga salinan NPWP jika memiliki.
  • Sedangkan untuk yang masih berstatus siswa ada juga persyaratan lain. Yaitu kartu pelajar, salinan KTP orang tua, dan surat persetujuan perizinan untuk membuka rekening.

Jika semua syarat sudah dipenuhi, maka bisa langsung dibawa ke bank untuk segera diproses. Biasanya, proses pembukaan rekening akan dibantu oleh pegawai bank dan tidak butuh waktu lama. Asal semua syarat lengkap, proses ini bisa ditunggu di meja customer service sampai selesai. Ikuti juga penjelasan pegawainya selama proses berlangsung.

Demikian penjelasan rekening TabunganKu BRI secara lengkap dan gamblang. Semua hal ini atas harus dibaca dengan cermat sebelum membuka rekening tersebut. Segala hal harus dipertimbangkan agar tidak menyesal di kemudian hari. Usahakan memikirkan dengan cermat agar pembuatannya tidak sia-sia.