Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apakah Bunga Deposito Bisa Diambil Tiap Bulan_ Temukan Jawabannya di Sini !

 Deposito bisa dikatakan sebagai pilihan investasi yang sangat direkomendasikan untuk pemula. Jenis investasi ini tergolong aman dan menjanjikan keuntungan yang bersifat pasti. Lalu, apakah bunga deposito bisa diambil tiap bulan sebagai bentuk keuntungannya? Simak penjelasan lengkapnya di sini:

Apakah Bunga Deposito Bisa Diambil Tiap Bulan_ Temukan Jawabannya di Sini

Tipe Deposito

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bunga yang didapatkan, terlebih dahulu mari pahami apa saja pilihan tipe deposito. Produk investasi yang satu ini merupakan bentuk tabungan yang hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Besarnya setoran deposito tergantung pada kebijakan bank dan jenis deposito yang diambil.

Nasabah juga bisa menikmati keuntungan dalam bentuk bunga. Besarnya bunga deposito akan bergantung pada jumlah uang yang didepositokan serta produk deposito yang diambil. Produk deposito ini terbagi menjadi tiga tipe. Berikut adalah 3 jenis deposito yang pada umumnya ditawarkan oleh bank:

1. Tabungan Deposito Berjangka

Tipe satu ini dikenal sebagai tipe deposito yang paling sering digunakan dan sudah sangat populer di kalangan investor. Nasabah akan menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu, mulai dari 1 hingga 24 bulan. Nantinya bank akan memberikan bunga dan menambahkannya ke jumlah uang yang didepositokan. Jumlah bunga ini lebih tinggi daripada bunga pada tabungan biasa.

2. Sertifikat Deposito

Tipe selanjutnya adalah sertifikat deposito. Ini merupakan jenis deposito yang tidak menggunakan nama individu atau lembaga. Sertifikat deposito nantinya bisa dipindahtangankan atau diperjualbelikan untuk mendapat keuntungan. Pilihan jangka waktunya 3, 6, hingga 12 bulan.

3. Tabungan Deposito On-Call

Nasabah juga bisa mengambil tipe deposito on-call. Ini merupakan tabungan berjangka yang jatuh temponya relatif singkat yakni 1 minggu dan paling lama 1 bulan, tidak sampai bertahun-tahun. Untuk tipe deposito ini, biasanya akan diterbitkan dalam jumlah yang relatif besar.

Perolehan Bunga Deposito

Semua nasabah yang mempercayakan uangnya dalam bentuk deposito akan mendapatkan keuntungan berupa bunga. Bunga deposito ini besarnya sangat bervariasi tergantung ketentuan yang ditawarkan oleh pihak bank. Itulah mengapa penting sekali untuk mempertimbangkan pilihan bank yang akan dituju.

Sangat disarankan bagi nasabah untuk melakukan perhitungan jumlah bunga sebelum menyimpan uang dalam bentuk deposito. Konsultasikan dengan pihak customer service bank untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak nanti bunga yang akan didapatkan. Jika dirasa menguntungkan, baru buatlah perjanjian deposito dengan pihak bank.

Lalu, muncul pertanyaan apakah bunga deposito bisa diambil tiap bulan? Jawabannya tergantung pada pihak bank serta jenis deposito yang dipilih. Untuk tipe deposito on-call dan deposito berjangka, bunga hanya akan diberikan setelah jatuh tempo. Jadi perhitungan bunga bisa diakumulasikan sesuai dengan jangka waktu deposito.

Pencairan Bunga

Tipe produk deposito yang dapat diambil bunganya setiap bulan adalah sertifikat deposito. Ini merupakan tipe deposito yang cukup fleksibel karena bisa dengan mudah dipindahtangankan. Selain itu, bunga dari deposito ini juga dapat diambil setiap bulan atau setiap jatuh tempo.

Namun, penting untuk diketahui bahwa pihak bank memiliki kendali penuh terhadap pengambilan bunga ini. Konsultasikan kembali kepada pihak bank apakah memang memungkinkan untuk menarik bunga deposito setiap bulan. Hitung juga apakah ada kerugian atau tidak jika bunga deposito diambil setiap bulan sebelum jatuh tempo.

Jadi, apakah bunga deposito bisa diambil tiap bulan? Jawabannya mungkin bisa namun tergantung pada jenis deposito yang diambil. Hal ini juga akan dipengaruhi oleh kebijakan dari pihak bank. Itulah mengapa disarankan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih lokasi bank untuk menyimpan uang dalam bentuk deposito.