Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghitung Bunga Deposito BRI Mudah dan Daftar Bunganya

 BRI memiliki produk deposito yang bisa digunakan oleh konsumennya dengan berbagai kelebihan yang dimiliki. Tentunya sebelum menjadi konsumen produk ini ada baiknya untuk mengetahui semuanya dengan lengkap, dari mulai jumlah bunganya sampai cara menghitung bunga deposito BRI. Tujuannya supaya konsumen memiliki penjelasan tentang layanan ini dan tidak menerka-nerka.

Cara Menghitung Bunga Deposito BRI Mudah dan Daftar Bunganya

Jumlah Bunga Deposito BRI

Mungkin banyak yang penasaran berapa jumlah bunga deposito yang dimiliki oleh BRI. Untuk bunganya bank ini menawarkan dikisaran 2,50%. Perlu diketahui kalau hal ini sifatnya tidak stabil dan beberapa kali mengalami peningkatan. Kini di tahun 2021 suku bunga yang dimiliki oleh bank ini memiliki besaran antara 2,85% sampai 3,00%.

Tentunya jumlah bunga ini dibedakan dengan jangka waktu yang dipilih. Oleh sebab itu perhatikan terlebih dahulu tenor dalam melakukan deposito ini. Adapun dalam penentuan jangka waktunya disesuaikan oleh konsumen. Selain tenor, hal lain yang mempengaruhi adalah besaran uang. Untuk besaran minimalnya adalah Rp 10juta dengan yang paling besarnya mencapai lebih dari Rp 2miliar.

Suku Bunga Berdasarkan Waktu dan Jumlah

Supaya bisa mendapatkan gambaran bagaimana cara menghitung bunga deposito BRI, pengguna tentunya harus mengetahui berapa besarannya. Karena seperti yang dikatakan sebelumnya kalau berbeda besaran uang, dan jangka waktu maka berbeda juga bunga yang dikasih. Oleh karena itu ada baiknya untuk memperhatikan supaya mengerti dengan baik dan bisa memperkirakan berapa yang akan didapatkan.

  • Mata uang rupiah: Mata uang ini memiliki dua bunga yang diterapkan yakni 2,85% dan 3,00%. Jangka waktu 1 bulan dan 3 bulan bunganya flat di angka 2,85%. Jadi bunganya rata dari mulai besaran uang Rp 10juta sampai di atas Rp 2miliar. Lalu kalau untuk yang jangka waktu 6 bulan, 1, 2, serta 3 tahun memiliki bunga flat 3,00% .
  • Dolar: Kalau untuk mata uang ini besaran depositonya adalah kurang dari $ 100.000 dan di atas $ 100.000. Untuk jangka waktu 1, dan 3 bulan bunganya sama yakni 0,2% untuk yang di atas ataupun di bawah $ 100.000. Sementara mulai dari 6 bulan, 1, 2, dan 3 tahun bunga yang ditetapkan adalah 0,3%.

Cara Menghitung Bunga Deposito BRI dan Simulasi Perhitungan

Lalu sekarang masuk ke pembahasan yang paling penting yakni bagaimana cara menghitungnya. Dengan mengetahui bagaimana cara menghitungnya, maka calon konsumen bisa langsung memperkirakan sendiri berapa jumlah yang mungkin didapatkannya nanti. Apalagi sudah mengetahui berapa bunganya dari tenor dan besaran biayanya, maka tentu cara menghitungnya lebih mudah.

Adapun rumus yang bisa digunakan untuk menghitungnya adalah

● Jumlah uang di deposito X suku bunga berdasarkan tenor / tenor (bulan)

Contohnya adalah besaran uang yang ingin didepositkan yakni Rp 10juta selama 3 bulan, jadi lihat pembahasan yang  sudah diberikan sebelumnya. Apabila sudah, maka akan didapatkan rumus perhitungan seperti ini.

● Rp 10juta X 2,85% / 3 bulan = Rp 95ribu.

Dari hasil perhitungan tersebut, artinya konsumen akan mendapatkan Rp 95ribu per bulannya dan kalau ingin mendapatkan gambaran fullnya, maka tidak perlu dibagi jumlah bulan. Cukup besaran uang yang di deposito kemudian dikalikan dengan suku bunga saja dan hasilnya adalah Rp 285ribu. Perlu diketahui kalau sekarang deposito ini memiliki potongan pajak 20%, jadi hasil di atas belum dipotong pajak.

Begitulah tadi simulasi cara menghitung bunga deposito BRI yang ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Oleh karena mudah untuk dilakukan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan perhitungan sendiri di rumah. Jadi apabila sudah penasaran dan ingin menjadikannya sebagai bahan pertimbangan bisa mengetahui lebih cepat.