Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart Tanpa Rekening Bank Konvensional

 Minimarket Alfa kini bukan hanya sekadar untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga. Namun, juga terdapat layanan lainnya untuk melakukan pembayaran berbagai macam tagihan seperti, pembayaran tagihan air PDAM,  tagihan listrik serta, tagihan internet. Bahkan,  Alfa kini bisa untuk mengirim uang ke manapun. lantas, bagaimana cara kirim uang lewat alfa? Inilah informasi lengkapnya:

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart Tanpa Rekening Bank Konvensional

1. Bawalah Berkas Identitas Pengirim Dana Tunai yang Masih Berlaku

Bagi pengguna yang ingin mengirimkan uang tunai di gerai Alfa  yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Maka calon pengirim dana tunai, harus terlebih dahulu menyiapkan berkas identitas pengirim dana tunai. Sementara itu, berkas-berkas yang harus dipersiapkan untuk mengirim uang di gerai Alfa adalah sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk. Jika lupa membawa, maka bisa diganti dengan identitas lainnya seperti SIM ataupun Paspor.
  • Nomor kontak pengirim & penerima uang agar memudahkan proses transfer uang di Alfa.
  • Lalu, siapkanlah nominal uang tunai yang akan ditransfer kepada penerima uang tunai.
  • Setelah itu, isi berkas isian sebagai syarat untuk mentransfer uang tunai kepada penerima.

2. Datang Langsung ke Gerai Alfamart Terdekat

Langkah selanjutnya, calon pengirim uang bisa datang langsung ke gerai Alfa yang paling dekat, dengan  tempat tinggal pengirim uang. setelah itu, bicaralah kepada petugas kasir bahwa, pelanggan Alfa ingin mengirimkan uang tunai kepada orang lain. Kemudian, pihak kasir Alfa akan memberikan berkas isian untuk transfer uang di Alfamart.

3. Setorkan Jumlah Uang yang Ingin Ditransfer Via Petugas Kasir Alfa

Apabila pelanggan Alfa telah mengisi berkas isian untuk yang dibutuhkan untuk mentransfer uang via gerai Alfa dengan lengkap. Maka langkah selanjutnya, adalah menyetorkan sejumlah uang tunai kepada penerima uang. misalnya, Rp.4.500.000. Maka kasihlah uang kepada kasir sejumlah Rp. 4.500.000.  

Sementara itu, apabila pelanggan Alfa menggunakan cara kirim uang lewat affa. Maka akan dikenai biaya administrasi yang tinggi. Yakni berkisar antara, 15.000 rupiah sampai dengan 25.000 rupiah. Sungguh, harganya lebih tinggi dari ongkos transfer bank biasa, yakni hanya dikenai biaya transfer sebesar 6.500 rupiah saja.  

Namun,  bagi orang yang tidak punya rekening bank akan sangat membantu proses pengiriman uang dengan mudah dan praktis. Sehingga, tidak perlu datang jauh ke ATM maupun Bank untuk menerima uang. Sebab, pengguna hanya tinggal datang saja ke Alfa yang paling dekat untuk mengambil uang yang telah dikirimkan oleh pengirim uang.

4. Pengirim Akan Dibuatkan Nomor MTCN

Apabila ketiga step di atas sudah dilakukan dengan benar. Maka  pengirim akan dibuatkan kode MTCN. MTCN sendiri adalah sebuah nomor yang diberikan oleh kasir Alfa, yang berfungsi sebagai alat verivikasi ketika nanti penerima akan melakukan penarikan dana yang telah dikirim oleh pelanggan alfa lainnya.

Nomor MTCN tersebut bersifat rahasia. Artinya, hanya boleh diketahui oleh pengirim, penerima serta, petugas kasir Alfa. Jadi, jangan pernah beritahukan orang lain tentang nomor MTCN itu kepada orang lain. Supaya  meminimalisir terjadinya potensi kasus pencurian uang oleh manusia yang enggan  bertanggung jawab.

5. Berikanlah Nomor MTCN Kepada Orang yang Menerima Uang Tunai

Langkah terakhir, untuk mengirim uang melalui gerai Alfa adalah memberikan Nomor MTCN kepada calon penerima uang tunai. Setelah nomor MTCN tersebut,  terkirim kepada calon penerima  uang tunai. Setelah itu, calon penerima harus mengambil sendiri uangnya di gerai  Alfa terdekat. Adapun, caranya adalah sebagai berikut:

  • Datangi Gerai Alfa yang dekat dengan tempat tinggal orang yang akan menerima uang tunai.
  • Lalu, katakanlah kepada petugas Alfa tentang keinginan untuk mengambil uang. lalu, sebutkanlah nama pengirimnya.
  • Kemudian, isilah formulir data diri sebagai syarat untuk mengambil uang. selain itu, lampirkan bukti tanda pengenal diri misalnya, Kartu Identitas pribadi, Buku Paspor. Ataupun, SIM.
  • Langkah selanjutnya,  berikanlah nomor MTCN yang telah diberikan oleh pengirim kepada petugas Alfa.
  • Langkah terakhir, apabila data telah terisi lengkap. Maka penerima akan mendapatkan uang yang telah dikirimkan oleh pengirim.

Demikianlah, pembahasan tentang cara kirim uang lewat alfa. mudah-mudahan dapat menjadi alternatif pilihan untuk mengirim uang, selain melalui bank konvensional. Sehingga, pembaca bisa tetap mengirim uang. Meskipun, tanpa adanya rekening bank konvensional.