Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Cara Praktis Memperbaiki Mobile Banking BNI yang Terblokir

 Fitur canggih mobile banking BNI sekarang sudah semakin banyak digunakan karena membuat transaksi jadi lebih mudah sekaligus praktis. Saat layanan ini terblokir dan tidak bisa diakses, maka nasabah pasti akan merasa kesulitan. Cara memperbaiki mobile banking BNI yang terblokir sebenarnya mudah saja, bahkan bisa diakses sendiri. Kali ini akan dibahas seperti apa cara memperbaiki layanan mobile banking yang terblokir.

Begini Cara Memperbaiki Mobile Banking BNI yang Terblokir Praktis

Penyebab Pemblokiran

Saat layanan ini terblokir maka nasabah tidak akan bisa mengaksesnya. Beragam fitur transaksi tidak akan bisa digunakan karena pemblokiran. Bahkan nasabah tak bisa masuk ke akun sendiri jika memang layanan ini diblokir. Ada beberapa hal yang menyebabkan fitur mobile banking terblokir. Berikut adalah hal-hal yang bisa menjadi pemicu pemblokiran layanan ini:

  • Lupa user ID atau PIN, biasanya akan diberi tiga kali kesempatan dan jika sudah habis maka otomatis layanan akan terblokir.
  • Pengguna sengaja meminta layanan tersebut dicabut, biasanya menjadi pilihan bagi nasabah yang kehilangan smartphone-nya.
  • Diblokir oleh pihak BNI saat terjadi transaksi yang ilegal atau aktivitas yang dirasa mencurigakan.

Cermati dulu apa yang menjadi penyebab dari layanan mobile banking terblokir. Jika penyebabnya adalah kelupaan user ID dan PIN maka masih bisa diatasi bahkan tanpa harus ke bank. Namun lain halnya jika layanan diblokir atas permintaan pribadi, mungkin harus diurus langsung ke bank. Apalagi jika diblokir oleh pihak bank, tentu harus ada prosedur yang diikuti terlebih dahulu untuk membuktikan tidak ada transaksi ilegal.

Cara Memperbaiki

Nasabah bisa memperbaiki sendiri layanan mobile banking yang terblokir menggunakan perangkat ponsel. Berikut adalah cara memperbaiki mobile banking BNI yang terblokir dengan mudah:

  • Langsung akses aplikasi Mobile Banking di smartphone
  • Pada laman login, langsung klik Lupa MPIN/Password Transaksi
  • Lakukan pengisian data berupa user ID, nomor kartu debit, lokasi negara, lalu tekan tombol Ya
  • Tunggu sampai kode OTP dikirim melalui SMS
  • Masukkan kode OTP ke aplikasi
  • Akan muncul laman formulir, bisa langsung diisi dengan MPIN dan password yang baru

Jika tahapan ini sudah selesai maka langsung coba masuk atau login menggunakan password baru tersebut. Apabila nasabah juga lupa user ID, maka pilih dulu menu Lupa User ID dan masukkan data lalu menerima kode OTP. Kode OTP nanti bisa dimasukkan ke aplikasi lalu aplikasi akan menampilkan user ID yang dilupakan oleh nasabah.

Pengurusan mobile banking terblokir tanpa harus ke bank ini bisa dilakukan jika nasabah memenuhi syarat. Syaratnya adalah smartphone sudah harus punya aplikasi Mobile Banking dan nomor HP-nya terdaftar dalam layanan tersebut. Kemudian nomor HP harus aktif untuk menerima kode OTP dan harus ada kartu ATM atau kartu debit.

Jika tidak bisa melakukan pengurusan sendiri lewat HP maka nasabah bisa langsung menuju ke bank. Datanglah ke kantor bank terdekat dengan domisili kemudian minta antrian menuju customer service. Nasabah hanya perlu membawa kartu identitas, buku tabungan, kartu ATM, serta menyerahkan nomor HP yang terdaftar. Proses perbaikan ini tidak akan berlangsung lama, bahkan tak lebih dari 15 menit.

Itulah cara memperbaiki mobile banking BNI yang terblokir. Pastikan untuk menggunakan layanan ini dengan hati-hati agar tidak mengalami pemblokiran lagi. Jika sudah bisa diakses, gunakan fitur ini untuk transaksi yang aman. Pastikan transaksi yang berlangsung memang sesuai kebutuhan dan catat juga PIN serta user ID agar tidak lupa.