Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mungkinkah Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat ATM BCA oleh Nasabah?

 Berkirim uang ke luar negeri merupakan hal yang biasa dilakukan oleh nasabah bank seperti BCA, karena sebagai perbankan besar jangkauan BCA sangatlah luas. Namun demikian, terkait transfer ini, ada satu hal yang sering dibingungkan oleh para nasabah. Yakni menyoal dapatkah transfer uang ke luar negeri lewat ATM BCA? Bila ingin tahu lebih jelas mengenai jawabannya, maka sebaiknya ikuti penjabaran berikut dengan seksama!

Mungkinkah Transfer Uang Ke Luar Negeri Lewat ATM BCA oleh Nasabah

Mungkinkah Transfer Uang Ke Luar Negeri Lewat ATM BCA?

Barangkali, kebingungan ini mungkin kerap ditanyakan oleh para pelanggan bank BCA yang ingin melakukan transfer uang ke negara lain. BCA sendiri merupakan salah satu bank yang berdiri dan beroperasi di Indonesia. Cabang dari bank ini tersebar hampir di seluruh pelosok negeri, tidak heran bila nasabahnya terus bertambah seiring waktu.

Lalu, mungkinkah hal ini dilakukan? Sayangnya, bank BCA belum memiliki fitur untuk mengirim uang ke luar negeri. Meski demikian, bukan berarti nasabah bank BCA tidak bisa mentransfer uang ke wilayah negara yang berbeda. Sebab bank BCA juga memiliki sejumlah alternatif lain untuk dapat melakukan hal ini.

Alternatif Lain Transfer Uang Ke Luar Negeri Lewat BCA

Walaupun transfer uang ke luar negeri lewat ATM BCA tidak memungkinkan, pelanggan bank ini tidak perlu risau. Pasalnya terdapat sebuah produk perbankan bernama Remittance BCA yang memungkinkan pengiriman uang dalam berbagai valas ke negara lain. Transfer dana ke negara lain melalui layanan bank BCA dapat dilakukan dengan beberapa alternatif berikut:

1. Transfer Lewat Kantor Cabang BCA

Alternatif yang pertama, nasabah bisa langsung mendatangi kantor cabang terdekat dengan cara Demand Draft atau uang tunai maupun Telegraphic Transfer. Nantinya, mata uang yang dikirim dari negara asal akan disesuaikan dengan mata uang negara yang dituju. Metode Telegraphic Transfer dari rekening dollar juga dapat dilakukan tanpa pungutan biaya.

Biasanya transfer uang ini akan dikenakan biaya pengiriman sebesar Rp 35.000. Untuk mengirim uang ke negara lain melalui metode ino, nasabah dapat langsung mendatangi kantor cabang BCA dan mengisi formulir pengiriman uang. Dokumen yang diperlukan adalah buku rekening, KTP, serta kartu ATM.

Setelah dokumen diperiksa, nasabah akan diminta memasukkan PIN ATM oleh teller. Selain Telegraphic Transfer, cara ini juga berlaku untuk pengiriman Demand Draft atau secara tunai. Terakhir, simpan slip transfer yang didapatkan.

2. Transfer Lewat KlikBCA

Sebelum melakukan pengiriman uang lewat KlikBCA, nasabah harus terlebih dahulu mendaftarkan diri pada web KlikBCA. Setelah proses registrasi selesai, transaksi pun dapat dilakukan. Caranya pun sangat mudah. Nasabah hanya perlu klik menu Transfer Dana, selanjutnya pilih Valas Rekening.

Jenis transfer uang ke luar negeri di KlikBCA sendiri terdapat dua macam, yaitu KlikBCA Bisnis Integrated Solution dan KlikBCA Bisnis. Kelebihannya jika mengirim uang dari rekening dollar BCA, bahkan nasabah bisa dibebaskan dari biaya pengiriman. Tentu ini akan sangat praktis dan membantu.

3. Fire Cash BCA

Metode ini memanfaatkan jaringan correspondence bank BCA pada proses transfernya yang dilakukan dalam basis web dan secara online. Ini dapat dilakukan bila penerima tidak memiliki rekening di bank BCA. Karenanya proses ini dapat dilakukan di kantor cabang BCA. Selain mudah dan cepat, dengan penggunaan PIN metode ini juga terjamin aman.

PIN ini akan diterima setelah proses pengiriman uang. Penerima akan memerlukan kombinasi angka ini untuk mencairkan uang, yang diberi estimasi pengambilan maksimal dalam 21 hari. Outlet dari mitra Fire Cash sendiri setidaknya ada 3000 yang tersebar di berbagai wilayah

Demikianlah pembahasan kali ini tentang apakah transfer uang ke luar negeri lewat ATM BCA memungkinkan untuk dilakukan atau tidak. Sekali lagi, transfer uang ke rekening luar negeri lewat layanan kartu ATM bank BCA memang tidak dapat dijalankan. Namun, nasabah BCA masih bisa menggunakan sejumlah alternatif lain yang ditawarkan bank ini, seperti yang telah diuraikan!