Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Cek Mutasi BRI Lewat SMS dan Metode Lainnya

 Dengan adanya layanan rekening bank, transaksi pun dapat dilakukan semakin mudah. Baik itu menabung, transfer, hingga penarikan tunai semua dapat diakomodir dengan baik. Salah satu bank ternama yang mampu melakukan pelayanan ini adalah BRI. Kerennya, terdapat pula cara cek mutasi BRI lewat SMS maupun metode lainnya yang semakin memudahkan pelanggan.

Cara Cek Mutasi BRI Lewat SMS dan Metode Lainnya

Istilah mutasi dalam bank berarti riwayat transaksi yang terjadi dalam sebuah akun rekening. Nah, riwayat transaksi ini juga bisa dilihat melalui ponsel. Sehingga tiap kali terjadi transaksi, maka akan ada pemberitahuan yang masuk lewat ponsel yang telah didaftarkan ke pihak bank. Untuk melakukan pengecekan mutasi BRI sendiri adalah sebagai berikut.

1. Cara Cek Mutasi BRI Lewat SMS

Cara yang pertama ini adalah salah satu cara termudah serta banyak yang menggunakannya, yaitu memanfaatkan layanan SMS. Dengan cara ini, penggunanya tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor atau ATM BRI. Cara cek mutasi BRI lewat SMS sendiri dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan saldo pulsa mencukupi dan kartu SIM terpasang di slot 1;
  • Buka menu pesan pada ponsel atau smartphone;
  • Pada kolom pesan ketik INFO MUTASI (spasi) PIN SMS BANKING;
  • Selanjutnya kirimkan pesan tersebut ke 3300; dan
  • Tunggu beberapa saat hingga sebuah pesan berisi informasi mutasi rekening akan masuk ke ponsel pengguna.

2. Cara Cek Mutasi BRI Lewat Banking Internet

Alternatif ini dapat dilakukan bila tidak ingin adanya pemotongan pulsa. Cukup siapkan perangkat komunikasi seperti smartphone atau PC serta jaringan internet yang memadai. Pertama-tama buka website resmi BRI lewat peramban internet kemudian masuk ke akun rekening.

Setelah memasukkan user ID dan password, pengguna akan dihadapkan pada tampilan website. Untuk membuka submenu, klik ikon garis 3 dan pilih menu Rekening. Kemudian pilih opsi Mutasi Rekening. Masukkan tanggal serta bulan dari riwayat rekening yang ingin di cek, klik Tampilkan. Informasi mutasi rekening pun akan muncul.

3. Cara Cek Mutasi BRI Lewat Aplikasi BRImo

Masih melalui layanan yang dapat diakses lewat ponsel, BRImo merupakan aplikasi mobile banking dari BRI. Di mana penggunanya juga dapat melakukan transaksi lain seperti transfer atau pembayaran. Untuk mengecek mutasi BRI lewat aplikasi ini, yang pertama pastikan telah mengunduh dan menginstalnya di ponsel.

Buka aplikasi BRImo yang telah terpasang dan lakukan login. Selanjutnya masuk ke menu mobile banking BRI, klik INFO. Pilih INFO MUTASI. Lanjutkan proses dengan memasukkan PIN rekening dan klik Ok. Nantinya, pengguna akan menerima pesan info mutasi via SMS dari 3300.

4. Cara Cek Mutasi BRI Lewat Mesin ATM

Beralih pada cara offline, pelanggan BRI juga dapat melakukan pemeriksaan riwayat transaksi melalui mesin ATM terdekat. Caranya setelah memasukkan kartu ATM, PIN, serta memilih bahasa, klik opsi transaksi lain dan pilih mutasi rekening. Tunggu beberapa saat hingga struk berisi riwayat transaksi keluar. Sayangnya ini hanya mengecek 5 transaksi terakhir rekening.

5. Cara Cek Mutasi BRI Lewat Teller

Pemeriksaan mutasi BRI cara terakhir ini terbilang yang paling ribet, yaitu mendatangi langsung teller bank di cabang terdekat. Jangan lupa untuk membawa buku tabungan serta kartu identitas. Nantinya, berikan buku tabungan dan kartu identitas kepada teller. Tunggu hingga proses pemeriksaan selesai dan riwayat transaksi akan dicetak di buku tabungan.

Itulah cara cek mutasi BRI lewat SMS maupun metode lainnya. Cara yang termudah tentu saja dengan menggunakan layanan banking via SMS atau aplikasi online. Selain tidak perlu jauh-jauh mendatangi mesin ATM atau kantor cabang terdekat, prosesnya pun lebih cepat selesai.