Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengurus ATM BCA yang Hilang

 Cara Mengurus kartu ATM BCA yang Hilang_Mengalami kehilangan ATM BCA tidaklah perlu panik. Pada umumnya, hilangnya kartu ATM BCA disebabkan karena kartu tertelan mesin ATM maupun memang hilang. Terdapat cara mengurus ATM BCA yang hilang tanpa repot. Akan tetapi, memang nasabah harus mendatangi kantor cabang terdekat.

Cara Mengurus ATM BCA yang Hilang

Sebelum melakukan cara mengurus ATM BCA yang hilang, pemilik kartu ATM disarankan untuk memblokir kartu tersebut terlebih dahulu. Hal itu dimaksudkan agar akses terhadap kartu ATM tersebut terblokir. Dengan begitu, rekening akan aman karena tidak bisa disalahgunakan oleh orang lain. Selengkapnya, begini mengurus ATM BCA yang terkendala hilang:

1. Mempersiapkan Buku Tabungan dan KTP

Sebelum pergi ke bank, nasabah yang kehilangan kartu ATM harus menyiapkan buku tabungan dan KTP terlebih dahulu. Kedua syarat ini harus dipenuhi untuk mengurus kartu ATM yang hilang. Pasalnya, pihak bank tidak akan mau memproses komplain terkait hal itu jika nasabah tidak membawanya.

Pastikan jika identitas pada KTP sesuai dengan informasi data pada buku tabungan. Jikalau kejadian KTP juga turut hilang bersama kartu ATM, maka nasabah harus mencari surat kehilangan terlebih dahulu dari kepolisian. Dengan surat kehilangan itulah pihak bank bisa melakukan proses penggantian kartu ATM baru.

2. Mendatangi Kantor Cabang BCA Terdekat

Selanjutnya, nasabah harus mendatangi kantor cabang BCA. Mudahnya, nasabah bisa datang ke kantor cabang terdekat saja. Jadi, tidak harus datang ke kantor bank tempat pembuatan rekening.

Supaya memudahkan pencarian kantor cabang terdekat tempat domisili nasabah, BCA menghadirkan fitur pencarian kantor cabang terdekat melalui website resminya. Nasabah bisa melakukan pengecekan pada menu BCA Location. Di menu tersebut terdapat pilihan ATM terdekat, kantor cabang terdekat, dan bank yang melayani saat weekend.

3. Mengambil Nomor Antrian ke Customer Service

Apabila sudah sampai di bank, nasabah akan disambut oleh satpam. Biasanya satpam akan menanyakan keperluan mendatangi bank. Maka, sampaikan saja maksud dan tujuan mendatangi bank untuk mengurus kartu ATM yang hilang.

Kemudian, satpam akan mengambilkan nomor antrian ke bagian Customer Service. Sekaligus, satpam juga akan mengarahkan bagaimana cara mengurus kartu ATM BCA yang hilang. Setelah paham, nasabah akan diminta untuk menunggu antrian panggilan ke Customer Service.

4. Menunggu Panggilan Antrian

Setelah mendapatkan nomor antrian ke Customer Service, nasabah bisa menunggu panggilan. Pada umumnya, akan disediakan ruang tunggu yang nyaman di dalam bank. Terdapat juga layar monitor yang menunjukkan daftar antrian nomor terakhir. Dengan begitu, nasabah kemungkinan besar selalu bisa memantau antrian yang sedang berjalan, sehingga tidak akan terlewatkan antriannya.

5. Menceritakan Kronologi Kehilangan Kartu ATM BCA kepada Customer Service

Jika sudah tiba antriannya, nasabah mendatangi loket Customer Service. Kemudian, ceritakan kronologi secara runtut mengenai kehilangan kartu ATM BCA. Setelah itu, pihak Customer Service akan memproses pembuatan kartu ATM baru.

Ketika melakukan pengurusan dan membuat Kartu ATM baru, nasabah akan dikenai biaya administrasi sebesar 10 ribu rupiah. Besaran nominal tersebut akan diambil dari saldo pada rekening nasabah. Kemudian, nasabah diminta melakukan tanda tangan dan membuat pin ATM yang baru. Perlu diketahui, kartu ATM mulai bisa digunakan setelah 24 jam sejak kartu tersebut diaktifkan.

Kini, tidak akan panik lagi bukan? Terdapat cara mengurus ATM BCA yang hilang dengan mudah. Dengan begitu rekening nasabah akan selalu aman. Tanpa khawatir rekening akan dipakai oleh orang yang tidak berpotensi menyalahgunakan.