Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cek 5 Syarat Pinjam Uang di Bank Panin bagi Pemula

 Uang adalah alat tukar yang sangat diperlukan untuk membeli berbagai keperluan sehari-hari. Kadangkala, ada yang membutuhkan uang dengan cepat karena kebutuhan mendesak namun tidak memilikinya saat itu juga. Kini, hal itu tidak perlu dirisaukan lagi, karena banyak sekali bank yang menawarkan pinjaman kepada nasabahnya, salah satunya adalah Bank Panin yang disebut dengan Kredit Express. Syarat pinjam uang di Bank Panin ini pun tergolong mudah untuk disiapkan.

Cek 5 Syarat Pinjam Uang di Bank Panin bagi Pemula

Diketahui, Kredit Express Panin merupakan kredit yang tidak memiliki jaminan serta dapat dicairkan dengan cepat. Uang pinjaman ini nantinya bisa digunakan oleh peminjam untuk berbagai keperluan seperti pendidikan, pernikahan, usaha, membeli perabot dan sebagainya. Berikut adalah syarat-syaratnya:

1. Berstatus Warga Negara Indonesia

Syarat pinjam uang di Bank Panin yang pertama yaitu peminjam merupakan penduduk asli Indonesia yang memiliki bukti berupa Kartu Tanda Penduduk. Dengan menunjukan kartu identitas maka petugas pun dapat mengidentifikasi bahwa peminjam adalah orang yang asli dan bukan penipuan.

Selain itu, peminjam hendaknya sedang berdomisili di wilayah Indonesia saat melakukan peminjaman dan tidak sedang bekerja atau bermukim di luar negeri. Hal ini dilakukan supaya petugas tetap bisa mengawasi peminjam dengan mudah.

2. Memenuhi Standar Usia

Untuk meminjam uang di Bank Panin juga diberlakukan pembatasan usia. Adapun usia peminjam yang diperbolehkan yaitu mulai dari 21 tahun hingga berusia 55 tahun bagi pekerja. Sedangkan bagi pengusaha dan profesional, usia maksimum adalah 60 tahun yang juga termasuk jangka pinjaman maksimal.

Pembatasan ini diberlakukan disebabkan pada rentang tersebut merupakan usia kerja yang ada di Indonesia. Dengan begitu, peminjam pun dianggap mampu mematuhi peraturan yang ada.

3. Memiliki Penghasilan Tertentu

Peminjam haruslah memiliki penghasilan sebagai syarat pinjam uang di Bank Panin selanjutnya. Dengan memiliki penghasilan rutin per bulan maka peminjam pun tidak perlu khawatir bagaimana cara untuk membayar angsuran bulanan di bank hingga lunas.

Apabila peminjam bekerja di luar Jabodetabek maka harus  mempunyai pendapatan sekitar Rp 3 juta dalam satu bulan. Sedangkan apabila lokasi bekerja peminjam berada di Jabodetabek maka peminjam harus  memiliki pendapatan sekitar Rp 4 juta dalam satu bulan.

4. Punya Tabungan Panin

Syarat meminjam uang di Bank Panin berikutnya adalah peminjam harus memiliki Tabungan Panin. Cara untuk membuka tabungan di Bank Panin yaitu dengan datang ke cabang kantor Bank yang tersebar di seluruh Indonesia dan meminta bantuan petugas. Lalu, calon nasabah nantinya akan diwajibkan untuk melengkapi data-data seperti identitas diri dan sebagainya melalui aplikasi Bank Panin. Setelah selesai mengisi persyaratan maka nasabah sudah bisa mendapatkan Buku Tabungan dan Kartu ATM Bank Panin serta bisa mengajukan pinjaman.

5. Melengkapi Dokumen

Terakhir, ada beberapa dokumen yang diperlukan sebagai syarat meminjam uang di Bank Panin. Calon peminjam harus melengkapi dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan ketentuan. Dokumen yang perlu disiapkan sedikit berbeda antara karyawan, pengusaha, dan profesional. Contohnya adalah seperti di bawah ini:

  • Peminjam Karyawan. Bila peminjam berstatus karyawan maka yang wajib disiapkan adalah fotokopi KTP, fotokopi buku tabungan bagian depan, dan slip gaji terakhir;
  • Pengaju Pinjaman Pengusaha. Lalu bagi yang berstatus pengusaha maka dokumen yang wajib dikumpulkan terdiri dari fotokopi KTP, buku tabungan bagian depan yang di fotokopi, rekening bank 3 bulan sebelumnya, dan IUP/SITU & Akta Pendirian Perusahaan; dan
  • Peminjam Profesional. Untuk pelaku peminjam yang berstatus kalangan profesional, maka yang diperlukan adalah fotokopi KTP, bagian depan buku tabungan di fotokopi, rekening pada 3 bulan sebelumnya, dan surat berupa ijin praktek.

Dari ketiganya, bagi pemilik kartu kredit, akan dikenakan syarat tambahan yaitu fotokopi bagian depan kartu kredit dan fotokopi tagihan 1 bulan terakhir. Untuk peminjaman di atas Rp 49 juta maka perlu menambahkan fotokopi NPWP. Hal ini berlaku bagi karyawan, pengusaha dan profesional.

Demikianlah syarat pinjam uang di Bank Panin yang bisa dipersiapkan oleh calon peminjam. Selain itu, untuk masa angsuran, peminjam bisa memilih dalam jangka satu, dua, atau sampai dengan tiga tahun, dengan jumlah uang yang dipinjam antara Rp 3 juta hingga 300 juta.