Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Sebab ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

 Transaksi tarik tunai dengan menggunakan mesin ATM memang lebih mudah dilakukan. Nasabah tidak harus menuju bank, seseorang bisa mengambil uang dengan waktu singkat dan tentunya lebih efisien. Namun, kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai dalam waktu belakangan ini? Langsung saja simak ulasannya berikut ini:

5 Alasan Kenapa ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai,

1. Salah Masukkan PIN

Alasan pertama mengapa ketika tarik tunai di ATM tidak dapat dilakukan adalah salah memasukkan PIN. Ini salah satu kesalahan umum yang terjadi pada orang-orang saat akan mengambil uang tunai di mesin ATM bank BNI. Tidak cuma bank BNI, tetapi juga tentu bank lainnya. Salah memasukkan PIN akan menyebabkan kartu terblokir secara otomatis.

Batas kesalahan ketika memasukkan PIN ATM yakni maksimal 3x, apabila melebihi itu maka mesin ATM akan melakukan pemblokiran kartu. Kemudian, pemilik kartu tidak dapat melakukan transaksi termasuk tarik tunai. Oleh sebab itu, perlu diingat-ingat kembali PIN ATM yang benar untuk menghindari kesalahan seperti ini. 

2. Uang ATM Habis

Alasan selanjutnya yaitu uang yang ada di dalam mesin ATM habis. Ini menjadi salah satu kendala yang terjadi yaitu pihak bank tidak begitu memperhatikan uang tunai yang ada di setiap mesin ATM-nya di beberapa lokasi. Hal ini terjadi karena beberapa penyebab antara lain nasabah yang mengambil uang terlalu banyak atau juga karena di daerah tersebut penduduknya banyak.

Tidak hanya itu, di suatu pulau terpencil pun bisa terjadi kekurangan uang tunai di mesin ATM BNI atau bank lainnya. Karena akses menuju kesana yang tidak mudah serta minimnya nasabah yang akan mengambil uang. Hal ini perlu diperhatikan kembali oleh pihak bank untuk mengusahakan agar mesin ATMnya tidak kehabisan uang tunai.

3. Gangguan Sistem

Gangguan sistem pada bank BNI menjadi salah satu alasan kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai. Kendala seperti ini sudah cukup sering terjadi ketika seseorang akan menarik uang dari mesin ATM. Hal seperti ini sudah biasa terjadi pada momen tertentu yang memungkinkan banyak nasabah yang ingin menggunakan mesin ATM.

Contohnya pada hari belanja online nasional, dimana banyak orang yang berbelanja secara online dan akan melakukan pembayaran via transfer. Nasabah yang membludak bisa menyebabkan admin bank tak dapat mengorganisir dengan baik, sehingga perlu adanya pengecekan sistem kembali.

4. Maintenance Jaringan BNI

Berikutnya yaitu adanya maintenance jaringan BNI yang dilakukan oleh pihak bank. Pada umumnya, hal ini akan diberitahu bank melalui pengumuman resmi dari pihak bank BNI. Pengumuman seperti ini bisa ditemui melalui sosial media atau email resmi.

Bagi nasabah yang menggunakan bank BNI untuk menabung dan bertransaksi, lebih baik ikuti sosial media bank BNI. Tentu tujuannya untuk mendapat informasi-informasi penting yang disebarkan oleh pihak bank. Dengan begitu, nasabah bisa selalu update dengan informasi terkini dari bank tersebut.

5. Nomor Rekening Diblokir

Apabila tetap tidak bisa mengambil uang tunai di ATM, mungkin masalahnya adalah nomor rekeningnya yang diblokir. Penyebabnya mungkin karena adanya aktivitas mencurigakan pada rekening tersebut.

Selain itu juga bisa dimungkinkan oleh nasabah itu sendiri yang melakukan pemblokiran dan tidak melakukan pembukaan blokir. Lebih baik langsung urus ke bank dan menjelaskan maksud untuk membuka rekening yang diblokir.

Itu dia informasi singkat mengenai kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai? 5 penyebab di atas bisa menjadi informasi penting yang perlu diketahui. Sehingga nasabah bisa langsung mengatasi masalahnya pada pihak bank BNI.