Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat ATM BNI untuk Pelajar

 Edukasi tentang pengelolaan keuangan perlu diperkenalkan sedini mungkin. Salah satu caranya ialah dengan membuat ATM bank. BNI menyediakan program tabungan khusus untuk siswa yang masih menempuh pendidikan mulai dari PAUD hingga SMA. Ketahui cara membuat ATM BNI untuk pelajar dan langkah-langkahnya serta simak keunggulannya berikut ini:

Cara Membuat ATM BNI untuk Pelajar

Langkah-Langkah Cara Membuat ATM BNI untuk Pelajar

Ada dua jenis rekening yang bisa digunakan untuk pelajar. Kedua rekening tersebut ialah BNI Taplus Muda dan BNI Taplus Anak. Perbedaan kedua rekening ini terdapat di persyaratan rentang usia yang harus dipenuhi.

Anak dengan usia 0 sampai 17 tahun bisa menggunakan BNI Taplus Anak, sementara BNI Taplus Muda diperuntukkan anak usia 15 sampai 25 tahun. Meski kedua rekening ini jenisnya berbeda, namun cara membuatnya sama. Untuk mengetahui cara membuatnya, simak ulasan langkah-langkah pembuatannya berikut ini:

1. Siapkan Dokumen

Sama seperti cara membuat ATM pada umumnya, pelajar perlu mempersiapkan beberapa dokumen data diri terlebih dahulu sebelum membuat ATM. Siapkan bukti identitas diri asli beserta salinannya. Beberapa dokumen bukti identitas diri ini bisa menggunakan KTP, Kartu Pelajar, SIM, Kartu Identitas Anak, atau paspor. Lengkapi juga dengan dokumen Kartu Keluarga.

Sebab calon nasabah masih berstatus sebagai pelajar, untuk membuat ATM harus mendapatkan pendampingan dari orang tua atau wali. Begitu juga dengan dokumen yang harus disiapkan. Orang tua atau wali juga harus mempersiapkan dokumen bukti identitas diri beserta Kartu Keluarga.

2. Kunjungi Kantor Cabang Bank BNI

Setelah dokumen disiapkan, kunjungi segera kantor cabang Bank BNI terdekat di lokasi pelajar. Informasikan kepada petugas jika ingin membuat ATM untuk pelajar. Petugas akan mengarahkan pelajar untuk mempersiapkan dokumen seperti di atas, mengambil nomor antrian, dan mengisi formulir data diri.

Apabila nomor antrian sudah dipanggil, segera datangi petugas customer service. Informasikan bahwa pelajar ingin membuat rekening tabungan pelajar. Tidak lupa, serahkan juga formulir yang sudah terisi beserta dokumen yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Petugas customer service akan memberitahukan jenis-jenis rekening tabungan beserta manfaatnya.

3. Masukkan Setoran Awal

Ikuti instruksi petugas untuk mengisi beberapa formulir tambahan. Selanjutnya, pilih jenis rekening tabungan yang sesuai dengan pelajar. Tunggu beberapa saat agar petugas dapat memproses informasi data diri pelajar dan membuatkan rekening tabungan baru. Setelah proses selesai, petugas customer service akan memberikan buku rekening beserta kartu ATM.

Setoran awal untuk rekening ATM pelajar dikenakan sebesar Rp 100.000 rupiah. Pelajar juga bisa langsung memasukkan uang tabungan ke rekening. Jumlah setoran minimal mulai dari Rp 10.000 saja. Untuk pendaftaran tidak dipungut biaya. Sementara biaya administrasi per bulannya Rp 5.000.

Usai membayarkan setoran awal ke petugas customer service, pelajar bisa langsung menggunakan ATM BNI. Simpan buku rekening dan kartu ATM dengan cermat. Kartu ATM yang rusak atau hilang dapat diganti dengan biaya senilai Rp 25.000.

Keunggulan Tabungan BNI Pelajar

Ada beberapa keunggulan tabungan BNI pelajar yang bisa didapatkan. Pertama, tentunya ialah jumlah setoran awal yang kecil. Umumnya BNI menerapkan jumlah setoran awal minimal Rp 500.000. Ini berarti setoran awal senilai Rp 100.000 lebih terjangkau dan bisa memotivasi pelajar untuk terus menabung.

Selain itu, pelajar juga bisa menabung sedikit demi sedikit mulai dari Rp 10.000. Sisa uang saku bisa pelajar sisihkan dan disetorkan ke tabungan BNI pelajar. Suku bunga yang ditawarkan pun bervariasi dari 0.25% hingga 1.00% dengan biaya administrasi Rp 5.000 setiap bulannya.

Semoga informasi cara membuat ATM BNI untuk pelajar di atas bermanfaat. Yuk, mulai belajar menabung dan mengelola uang sejak dini. Selamat mencoba!