Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengetahui Jumlah Uang TASPEN dan Manfaat TASPEN

 Bagaimana cara mengetahui jumlah uang TASPEN? Ini adalah pertanyaan yang seringkali muncul di kalangan pensiunan PNS. Pemerintah sebenarnya telah menerapkan teknologi agar saldo TASPEN dapat dicek langsung dari rumah. Tetapi, para pensiunan yang telah lanjut usia seringkali kesulitan dengan teknologi. Artikel ini akan mencoba untuk menjelaskan segala sesuatu tentang TASPEN.

Cara Mengetahui Jumlah Uang TASPEN dan Manfaat TASPEN

Jaminan hari tua memang sangat penting. Terutama untuk PNS yang telah berjasa mengabdikan hidupnya untuk negara. Pemerintah membentuk TASPEN untuk menjamin hari tua dari para pensiunan PNS. Tetapi rumitnya teknologi, membuat beberapa pensiunan PNS kesulitan mengecek saldo TASPEN.

Cara Mengecek Saldo TASPEN

Sebenarnya ada 2 cara untuk mengecek saldo pada TASPEN. Kedua cara ini dapat dilakukan di perangkat HP maupun di perangkat komputer/laptop. Berikut adalah cara untuk bisa melihat jumlah uang yang terdapat pada TASPEN:

1. Melalui HP

Untuk mengetahui saldo pada TASPEN melalui HP, hal pertama yang dibutuhkan adalah aplikasi Mobile TASPEN. Mobile TASPEN bisa didapatkan di Google Play Store. Adapun cara pengecekannya adalah dengan membuka terlebih dahulu aplikasi kemudian beralih ke menu Simulasi.

Pada menu simulasi, pilihlah opsi Estimasi TMP BUP. Selanjutnya pemilik TASPEN akan diminta memasukan beberapa informasi pribadi seperti nomor KTP ataupun nomor KPE. Setelah semua data di-input, tunggulah beberapa saat hingga informasi saldo ditampilkan secara otomatis.

2. Melalui Komputer/Laptop

Cara mengetahui jumlah uang TASPEN berikutnya dapat melalui komputer/laptop. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengakses website E-Klaim TASPEN di eklim.taspen.co.id. Akan ada form informasi yang harus diisi seperti nomor KTP, nomor NOTAS atau nomor KPE peserta, serta tanggal lahir.

Setelah semua data diisi, klik cek data dan proses pengecekan akan segera dimulai. Selanjutnya setelah pengecekan selesai dilaksanakan, pilihlah menu Estimasi Manfaat, kemudian pilihlah opsi Estimasi Hak Usia Pensiun. Data saldo Tabungan Hari Tua dan dana Pensiun akan ditampilkan secara otomatis.

Manfaat dengan Adanya TASPEN

Kerja keras serta pengabdian para PNS memang patut untuk dihargai. Pemerintah memberikan asuransi TASPEN ini agar tidak ada PNS yang terlantar bahkan di hari Tuanya. Kehadiran taspen ini sendiri sebenarnya memberikan beberapa manfaat positif bagi para PNS maupun pensiunan PNS. Berikut adalah manfaat adanya TASPEN:

1. Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian

Hal buruk pastinya dapat menimpa siapa saja, tak terkecuali dengan para PNS. TASPEN dihadirkan dengan harapan para PNS yang bekerja selalu dikelilingi dengan rasa aman. Untuk jaminan kecelakaan kerja sendiri akan diberikan kepada PNS yang mengalami sakit akibat bekerja atau kecelakaan saat bekerja.

Sementara jaminan kematian akan diberikan sebagai santunan kepada keluarga, namun peserta tidak mengalami kematian akibat bekerja. Untuk menikmati layanan ini, peserta wajib memberikan update mengenai informasi data pribadi serta keluarga.

2. Tabungan Hari Tua dan Layanan Dana Pensiun

Tabungan Hari Tua merupakan pengaitan asuransi kematian dengan usia pensiun. Asuransi ini juga sering disebut sebagai Asuransi Dwiguna. Jaminan ini akan diberikan kepada PNS yang berhenti bekerja akibat pensiun, serta ahli waris jika peserta meninggal sebelum masa pensiun.

Dana Pensiun adalah layanan yang dimaksudkan untuk memberi kesejahteraan di masa tua. Peserta TASPEN yang telah pensiun akan tetap diberikan penghasilan secara konstan setiap bulannya. Peserta juga wajib memberikan informasi terkini data pribadi serta keluarga.

TASPEN adalah hak bagi PNS dan pensiunan PNS. Maka dari itu, peserta disarankan untuk mengecek saldo secara berkala untuk mengetahui haknya selalu terpenuhi. Melalui cara mengetahui jumlah uang TASPEN, diharapkan setiap peserta dari TASPEN dapat mengkontrol saldo yang merupakan hak yang dimilikinya.