Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Kartu ATM BTN Visa dan GPN

 Bank BTN berusaha memberikan pelayanan yang optimal kepada para nasabah setia melalui berbagai macam fitur yang disediakan. Semisal fitur ATM BTN Visa dan GPN yang telah banyak digunakan oleh nasabahnya. Meski sepintas mirip, ternyata ada perbedaan kartu ATM BTN Visa dan GPN ini. Terutama dari jenis dan penggunaannya, yang semestinya diketahui pengguna supaya berfungsi maksimal. Agar tidak penasaran, maka berikut dihadirkan informasinya:

Perbedaan Kartu ATM BTN Visa dan GPN

Mengenal Layanan ATM Visa dan GPN

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis layanan ATM dari BTN, maka akan lebih baik jika mengenal dulu definisi layanannya. Hal ini bisa dijelaskan secara sederhana, sebagai berikut:

1. Layanan ATM Visa

Visa adalah media transaksi yang diciptakan oleh perusahaan jasa keuangan asal Amerika bernama Visa Inc. Perusahaan ini punya anak bernama PT Visa Worldwide Indonesia, yang akhirnya berkolaborasi dengan BTN untuk menghadirkan kartu Visa BTN. Tujuannya, dengan adanya kartu berbasis chip dan pin ini dapat memudahkan transaksi setiap nasabah. Semisal untuk mempraktiskan pembayaran saat berbelanja, tagihan bulanan kendaraan, KPR, PAM, dan berbagai transaksi lainnya.

2. Fitur GPN

Sedangkan fitur GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) merupakan media transaksi yang dirilis sejak tahun 2017 oleh pemerintah RI melalui Bank Indonesia. Fungsinya hampir sama dengan kartu ATM Visa, yakni sebagai media atau alat yang memudahkan penggunanya dalam bertransaksi. Seperti untuk berbelanja secara praktis di era digitalisasi, ataupun untuk melakukan aneka pembayaran dalam berbagai keperluan secara cepat.

Perbedaan Kartu ATM BTN Visa dan GPN yang Bisa Dirasakan

Dari penjelasan mengenai definisi ATM BTN Visa dan GPN tentu pengguna paham bahwa keduanya mempunyai fungsi yang sama. Lalu di mana letak perbedaan dari kedua jenis Kartu ATM BTN tersebut? untuk bisa mengetahuinya, berikut ini ulasan perbedaannya:

1. Jenis Kartu yang Disediakan

Tidak hanya satu, kartu ATM BTN Visa ini terdiri dari 3 jenis. Apa saja? Yakni Visa Silver Gold, Silver, serta Platinum. Ketiga jenis kartu tersebut masing-masing mempunyai biaya tambahan dan jenis kartu lagi, dengan logo yang berbeda-beda.

Sementara itu, kartu ATM GPN yang dirilis BTN ada 4 jenis kartu. Yakni kartu Tabunganku GPN, Simple, Cermat serta kartu yang memang khusus untuk pelajar atau mahasiswa. Nasabah bisa memilihnya tergantung kebutuhannya.

2. Jangkauan Penggunaan

Kartu ATM BTN Visa bisa nasabah gunakan untuk segala aktivitas transaksi di manapun. Bisa digunakan di dalam ataupun luar negeri. Tentunya nasabah bisa menggunakannya pada ATM BTN serta EDC Bank lain yang mempunyai logo atau gambar Visa.

Berbeda dengan Visa, kartu GPN hanya bisa dijalankan pada jaringan ATM yang ada di dalam negeri saja. Lantaran aksesnya terbatas dan belum tersedia untuk luar negara Indonesia. Meski demikian, kartu GPN ini masih sangat cocok bagi pengguna yang ingin dan sering bertransaksi di ruang lingkup dalam negeri.

3. Biaya Admin yang Dibebankan

Hampir semua kartu ATM BTN Visa rutin memungut biaya bulanan terkecuali BTN Visa silver. Biaya yang diambil BTN perbulan mulai dari 3 ribu hingga 6 ribu Rupiah tergantung dari jenis kartunya. Bagi nasabah yang ingin mengecek potongan bulanan Kartu ATM ini, bisa mengeceknya pada akhir bulan dan melalui pencetak buku tabungan. Selain itu, nasabah juga bisa mengeceknya melalui aplikasi BTN Mobile.

Hal ini cukup kontras dengan jenis kartu GPN. Pasalnya jenis kartu ini tidak membebankan pengguna dengan potongan biaya admin sedikitpun di tiap bulannya. Sehingga pengguna benar-benar merasakan setiap manfaat darinya secara cuma-cuma dan lebih leluasa.

Nah, itulah sejumlah perbedaan kartu ATM BTN Visa dan GPN yang harusnya dipahami. Terlepas dari perbedaan tersebut, keduanya sama-sama bisa membantu aktivitas pengguna atau nasabah BTN dalam bertransaksi. Jadi, sebelum memilih di antara keduanya, maka pastikan untuk memikirkan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan agar cocok dalam menggunakannya!